Syarat & Ketentuan | Finmas - Sahabat Finansial Indonesia

Syarat & Ketentuan
Penggunaan Layanan
Finmas 

Setiap Pengguna yang telah menggunakan Layanan FINMAS dan berpartisipasi dalam layanan pinjam meminjam uang berbasis platform FINMAS, dianggap telah membaca, memahami Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan FINMAS ("Ketentuan FINMAS"), dan menyatakan persetujuannya ter- hadap secara tegas dan tanpa terkecuali untuk terikat dan tunduk pada Ketentuan FINMAS berikut ini:

 

A. Definisi

  1. Informasi Personal adalah segala informasi atau data pribadi dari Pengguna (termasuk namun tidak terbatas pada tipe browser dan informasi teknis mengenai koneksi Pengguna ke host Perusahaan seperti sistem operasi, penyedia layanan internet dan informasi sejenis lainnya, dokumen identitas, foto diri, serta data atau dokumen pribadi milik Pengguna lainnya), sebagaimana dimaksud dan diatur dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 20 Tahun 2016 mengenai Perlindungan Data Pribadi dalam Sistem Elektronik, Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (“OJK”) No. 77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi, dan Surat Edaran OJK No. 18/SEOJK.02/2017 tentang Tata Kelola dan Manajemen Risiko Teknologi Informasi Pada Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi, sebagaimana diubah dari waktu ke waktu.
  2. Keadaan Memaksa (Force Majeure) adalah suatu peristiwa atau kejadian atau keadaan di luar kendali wajar dari suatu Pihak yang mempengaruhi masyarakat umum di negara atau wilayah pihak tersebut, dan yang mengakibatkan pihak tersebut tidak mampu mematuhi atau melakukan kewajiban tepat waktu berdasarkan setiap ketentuan didalam Layanan FINMAS dan setiap Perjanjian. Peristiwa atau kejadian atau keadaan tersebut termasuk tindakan industri atau sengketa buruh, mogok buruh, kerusuhan sipil, perang atau ancaman perang, tindakan kriminal atau teroris, tindakan atau peraturan pemerintah, kegagalan telekomunikasi atau utilitas, pemadaman listrik, kebakaran, ledakan, bencana alam fisik, epidemik dan pembatasan karantina.
  3. Kebijakan Privasi (Privacy Policy) FINMAS adalah suatu kebijakan privasi yang dibuat dan diatur oleh Perusahaan sehubungan dengan pengaksesan, perolehan, pengumpulan, penyimpanan, pengolahan, penggunaan, penganalisaan, dan/atau pendistribusian, pengungkapan, penampilan, pengiriman, dan penyebarluasan setiap data pribadi dan/atau informasi pribadi Pengguna sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Informasi Personal (termasuk namun tidak terbatas pada tipe browser dan informasi teknis mengenai koneksi Pengguna ke host Perusahaan seperti sistem operasi dan penyedia layanan internet dan informasi sejenis lainnya) yang diperoleh dan diterima dari Pengguna Layanan FINMAS.
  4. Layanan FINMAS adalah platform melalui situs web atau aplikasi atau sistem elektronik lainnya yang dioperasikan oleh Perusahaan dengan tujuan untuk menyelenggarakan layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi.
  5. One Time Password atau OTP adalah kode sandi digital yang dikirimkan ke nomor telepon terdaftar Pengguna yang hanya berlaku untuk satu sesi dan dalam periode waktu tertentu, untuk mengotentikasi dan mengidentifikasi Pengguna.
  6. Pembayaran adalah transaksi pembayaran atau pelunasan atas Pinjaman oleh Penerima Pinjaman melalui Perusahaan, yang terlebih dahulu akan dipotong oleh Perusahaan sebagai pembayaran atas jasa Perusahaan dan kemudian disalurkan kepada Pemberi Pinjaman.
  7. Pemberi Pinjaman adalah Pengguna yang meminjamkan sejumlah dana kepada Penerima Pinjaman berdasarkan permintaan pendanaan dengan menggunakan Layanan FINMAS.
  8. Penerima Pinjaman adalah Pengguna yang mengajukan permintaan pendanaan melalui Layanan FINMAS.
  9. Pengguna adalah setiap individu atau perusahaan yang telah terdaftar melalui Layanan FINMAS sebagai Pemberi Pinjaman dan/atau Penerima Pinjaman.
  10. Perjanjian adalah setiap perjanjian terkait Transaksi dan/atau Layanan FINMAS yang telah atau akan dibuat oleh dan mengikat antara para Pihak.
  11. Perusahaan adalah PT Oriente Mas Sejahtera, suatu perseroan terbatas yang didirikan berdasarkan hukum Republik Indonesia dan merupakan perusahaan yang menyelenggarakan layanan pinjam meminjam berbasis teknologi informasi melalui Layanan FINMAS.
  12. Pihak adalah Perusahaan, Pemberi Pinjaman, dan/atau atau Penerima Pinjaman.
  13. Pinjaman adalah sejumlah dana yang dipinjamkan oleh Pemberi Pinjaman kepada Penerima Pinjaman melalui Layanan FINMAS.
  14. Purchase Financing adalah produk pendanaan yang memberikan pendanaan terhadap pembelian barang atau jasa oleh Penerima Pinjaman di berbagai mitra retail/pedagang yang menjalin kerjasama dengan Perusahaan.
  15. Tanda Tangan Elektronik adalah tanda tangan yang terdiri atas informasi elektronik yang dilekatkan, terasosiasi atau terkait dengan informasi elektronik lainnya yang digunakan sebagai alat verifikasi dan autentikasi, sebagaimana mengikuti ketentuan Undang-Undang No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Sertifikasi Elektronik dan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Berbasis Teknologi Informasi.
  16. Transaksi adalah penggunaan Layanan FINMAS oleh Pemberi Pinjaman atau Penerima Pinjaman dan setiap kegiatan terkait dengan penggunaan Layanan FINMAS, termasuk namun tidak terbatas pada, sebagaimana relevan transaksi terkait dengan (i) permohonan pendanaan oleh Penerima Pinjaman melalui Layanan FINMAS; dan/atau (ii) persetujuan pendanaan oleh Pemberi Pinjaman serta pemberian wewenang kepada Perusahaan oleh Pemberi Pinjaman untuk memfasilitasi penyaluran dana kepada Penerima Pinjaman dan melakukan kegiatan penagihan kepada Penerima Pinjaman; dan/atau (iii) kesepakatan pinjam meminjam uang antara Penerima Pinjaman dan Penerima Pinjaman; dan/atau; (iv) Pembayaran dan aktivitas pemrosesannya oleh Perusahaan.
  17. WNA adalah singkatan dari warga negara asing.
  18. WNI adalah singkatan dari warga negara Indonesia.

 

B. Syarat Dan Ketentuan Umum

  1. Sebelum menggunakan Layanan FINMAS, calon
    Pengguna wajib melakukan pendaftaran melalui Layanan FINMAS yang dapat diakses melalui situs www.finmas.co.id atau secara langsung melalui aplikasi pada gawai atau perangkat lainnya, yang mana berlaku.
  2. Pada saat melakukan pendaftaran pertama kali untuk menjadi calon Lender, (i) calon Lender wajib membaca dan menyatakan persetujuannya secara tegas dan tanpa terkecuali terhadap, dan untuk terikat dan tunduk kepada Ketentuan FINMAS dan Kebijakan Privasi (Privacy Policy) FINMAS; dan kemudian (ii) calon Lender wajib menyediakan dan memberikan Informasi Personal yang dipersyaratkan oleh Perusahaan dengan lengkap, benar dan akurat.
  3. Pada saat melakukan pendaftaran pertama kali sebagai calon Borrower, (i) calon Borrower wajib membaca dan menyatakan persetujuannya secara tegas dan tanpa terkecuali terhadap, dan untuk terikat dan tunduk kepada Ketentuan FINMAS dan Kebijakan Privasi (Privacy Policy) FINMAS; dan kemudian (ii) calon Borrower wajib mendaftarkan nomor telepon selularnya yang akan digunakan sebagai nomor akun pada Layanan FINMAS dan mengikuti proses otentikasi yang berlaku antara lain dengan metode OTP; dan pada tahap terakhir (iii) wajib menyediakan dan memberikan Informasi Personal yang dipersyaratkan oleh Perusahaan dengan lengkap, benar dan akurat.
  4. Persyaratan umum untuk menjadi Borrower adalah (i) orang perseorangan WNI; (ii) berusia minimal 21 tahun dan cakap hukum, tidak sedang dibawah pengampuan, mempunyai hak, kuasa, otoritas, dan wewenang yang diperlukan untuk melakukan tindakan hukum, (iii) minimal memiliki kartu tanda penduduk (KTP) yang berlaku; dan (iv) memiliki rekening bank di Indonesia (kecuali untuk produk Purchase Financing)
  5. Persyaratan umum untuk menjadi Lender adalah (i) orang perseorangan (baik WNI maupun WNA), atau badan usaha (Indonesia maupun asing), atau badan hukum (Indonesia maupun asing), atau lembaga internasional; (ii) memiliki rekening bank di Indonesia; dan (iii) memiliki bukti kemampuan likuiditas untuk berkomitmen terhadap pendanaan melalui Layanan FINMAS minimal IDR 20 milyar.
  6. Pengguna, dalam hal badan usaha ataupun badan hukum, wajib didirikan dan tunduk kepada hukum yang berlaku di negara pendirian dari badan hukum tersebut, dan memiliki kapasitas hukum, hak, kuasa, ijin, wewenang, serta otoritas yang diperlukan untuk melakukan tindakan hukum dalam menggunakan Layanan FINMAS.
  7. Perusahaan berhak untuk menyetujui atau menolak (i) permohonan pendaftaran calon Lender, atau (ii) permohonan pendaftaran calon Borrower dan/atau permohonan pengajuan pinjaman oleh Borrower, sesuai dengan kebijakannya tanpa memberitahu alasan persetujuan atau penolakan tersebut.
  8. Pengguna menyatakan bahwa sehubungan dengan penggunaan Layanan FINMAS dan/atau Transaksi, Pengguna telah, memperoleh semua izin yang diperlukan termasuk namun tidak terbatas pada persetujuan korporasi yang diperlukan berdasarkan dokumen konsitutional/anggaran dasar Pengguna, atau persetujuan dari suami/istri yang sah, sebagaimana relevan.
  9. Pengguna yang telah terdaftar sebagai Penerima Pinjaman dan ingin menjadi Pemberi Pinjaman wajib mengikuti proses pendaftaran sebagai Pemberi Pinjaman dan tunduk pada ketentuan pada bagian B ayat 7 di atas.
  10. Pengguna yang telah terdaftar sebagai Pemberi Pinjaman dan ingin menjadi Penerima Pinjaman wajib mengikuti proses pendaftaran sebagai Penerima Pinjaman dan tunduk pada ketentuan pada bagian B ayat 7 di atas.
  11. Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi (Fintech Lending) yang dioperasikan melalui Layanan FINMAS merupakan kesepakatan dan keputusan perdata antara Pemberi Pinjaman dengan Penerima Pinjaman, sehingga segala risiko atas Pinjaman akan ditanggung sepenuhnya oleh masing-masing Pihak.
  12. Penerima Pinjaman memahami bahwa kegagalan terhadap kewajiban Pembayaran oleh Penerima Pinjaman berdasarkan Perjanjian yang relevan dapat berdampak pada (i) dilakukannya kegiatan penagihan oleh Perusahaan kepada Penerima Pinjaman; (ii) dilaporkannya Penerima Pinjaman kepada OJK dan Informasi Pribadi dari Penerima Pinjaman akan diberikan kepada OJK; dan (iii) catatan atau peringkat kelayakan kredit Penerima Pinjaman.
  13. Pengguna menyetujui penggunaan Tanda Tangan Elektronik yang diselenggarakan oleh Perusahaan (apabila dipersyaratkan oleh Perusahaan) yang mana dalam hal ini Perusahaan menjalin kerjasama dengan pihak penyelenggara Tanda Tangan Elektronik yang terdaftar dan/atau diakui oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.
  14. Pengguna menyetujui bahwa Perusahaan akan menyimpan Informasi Pribadi yang disampaikan atau diberikan oleh Pengguna kepada Perusahaan (i) selama Pengguna terdaftar di Perusahaan dan tidak menutup akunnya; dan/atau (ii) selama 10 tahun sejak penutupan akun oleh Pengguna atau lebih dari 10 tahun apabila dipersyaratkan oleh otoritas berwenang.
  15. Pengguna setuju bahwa Perusahaan dapat memanfaatkan dan/atau memberikan Informasi Pribadi milik Pengguna kepada pihak lain, yang antara lain sebagai berikut:
    • Direktorat Jendral Kependudukan dan Pencatatan Sipil (“Dukcapil”), Lembaga Negara yang memiliki pusat data kependudukan, atau pihak penyelenggara lainnya yang memiliki koneksi resmi ke Dukcapil atau Lembaga Negara untuk tujuan verifikasi keabsahan identitas Pengguna. Informasi Pribadi milik Pengguna dapat disimpan selamanya oleh Dukcapil atau Lembaga Negara, atau mengikuti ketentuan internal Dukcapil atau Lembaga Negara tersebut.
    • Pihak penyelenggara Tanda Tangan Digital untuk kebutuhan pembuatan Tanda Tangan Elektronik yang dalam prosesnya dapat meliputi verifikasi keabsahan Pengguna dan pembuatan akun Tanda Tangan Elektronik pada penyelenggara Tanda Tangan Digital. Informasi Pribadi milik Pengguna akan tetap disimpan oleh penyelenggara Tanda Tangan Elektronik selama akun Pengguna pada penyelenggara Tanda Tangan Elektronik tidak ditutup.
    • Pihak penyelenggara informasi kredit untuk mendapatkan informasi mengenai status kolektibilitas, riwayat kredit dan informasi keuangan lainnya sehingga Perusahaan dapat menilai kelayakan (i) calon Pemberi Pinjaman, atau (ii) permohonan Pinjaman oleh calon Penerima Pinjaman. Informasi Pribadi milik Pengguna akan disimpan oleh pihak penyelenggara informasi kredit selama berlakunya kerjasama antara Perusahaan dengan pihak penyelenggara informasi tersebut.
    • Mitra penagihan eksternal yang menjalin kerjasama dengan Perusahaan (apabila ada) yang mana dalam hal ini (i) pemberian Informasi Pribadi hanya akan dilakukan pada saat Penerima Pinjaman belum melunasi Pinjaman setelah melewati batas jatuh tempo; dan (ii) Informasi Pribadi yang diberikan oleh Perusahaan hanya sebatas yang diperlukan untuk kegiatan penagihan saja sesuai ketentuan pedoman perilaku industri Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi yang berlaku. Informasi Pribadi milik Penerima Pinjaman akan disimpan oleh mitra penagihan eksternal selama berlakunya jangka waktu penunjukan tugas penagihan oleh Perusahaan.
    • Mitra asuransi kredit atau mitra penyelenggara penjaminan untuk kebutuhan mitigasi risiko kredit bagi Pemberi Pinjaman. Informasi Pribadi milik Pengguna akan disimpan selama proses internal yang dilakukan oleh mitra asuransi kredit atau mitra penyelenggara penjaminan berlangsung atau sesuai kebijakan masing-masing pihak tersebut.
    • Pemberi Pinjaman untuk keperluan permohonan pendanaan terhadap Pinjaman dan apabila Penerima Pinjaman tidak melunasi Pinjaman setelah melewati 90 (sembilan puluh) hari setelah tanggal jatuh tempo. Informasi Pribadi milik Penerima Pinjaman akan disimpan oleh Pemberi Pinjaman untuk kebutuhan penagihan oleh Pemberi Pinjaman kepada Penerima Pinjaman.
    • Otoritas pengawas Perusahaan sehubungan dengan penyelenggaraan Layanan FINMAS yaitu OJK untuk keperluan investigasi permasalahaan Pengguna atas penggunaan Layanan FINMAS oleh Pengguna, pelaporan kegagalan Pembayaran oleh Penerima Pinjaman atau untuk hal-hal lain sesuai permintaan OJK secara tertulis kepada Perusahaan. Informasi Pribadi milik Pengguna akan disimpan oleh pihak OJK dalam jangka waktu yang ditentukan menurut kebijakan OJK.
    • Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa (“LAPS”) apabila Perusahaan dan Pengguna sepakat untuk menyelesaikan sengketa melalui LAPS apabila pihak Perusahaan dan pihak Pengguna tidak mendapat suatu kesepakatan atas hasil tindak lanjut penanganan permasalahan Pengguna oleh Perusahaan. Informasi Pribadi milik Pengguna akan disimpan dan dimanfaatkan oleh LAPS untuk kebutuhan penyelesaian sengketa selama proses penyelesaian sengketa berlangsung.
    • Pihak asosiasi yang ditunjuk secara resmi oleh OJK dan mewakili OJK untuk kebutuhan pengumpulan informasi untuk pusat data Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi. Penyimpanan dan pemanfaatan Informasi Pribadi milik Pengguna oleh asosiasi tersebut termasuk jangka waktu penyimpanan dan mekanisme pemanfaatannya mengikuti ketentuan dan arahan dari OJK sepenuhnya.
    • Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (“PPATK”) apabila Perusahaan mengidentifikasi adanya transaksi keuangan mencurigakan sebagaimana diatur pada ketentuan regulasi dan undang-undang mengenai pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme. Informasi Pribadi milik Pengguna akan disimpan oleh PPATK dalam jangka waktu yang ditentukan sepenuhnya oleh PPATK.
    • Otoritas penegak hukum di Republik Indonesia antara lain Kepolisian Negara Republik Indonesia, Komisi Pemberantasan Korupsi (“KPK”), Pengadilan, dan lain sebagainya (secara keseluruhan disebut “Otoritas Penegak Hukum”) untuk keperluan apapun terkait penegakan hukum yang diduga melibatkan Pengguna (antara lain namun tidak terbatas pada kasus pelanggaran hukum, kejahatan, pencucian uang, pendanaan terorisme, korupsi) yang dalam hal ini wajib diminta secara resmi dan tertulis oleh otoritas yang terkait tersebut. Informasi Pribadi milik Pengguna akan disimpan oleh Otoritas Penegak Hukum yang bersangkutan dalam jangka waktu yang ditentukan sepenuhnya oleh Otoritas Penegak Hukum tersebut.
    • DIrektorat Jenderal Pajak Republik Indonesia (“DJP”) untuk pemenuhan kewajiban pelaporan informasi bagi Perusahaan sesuai ketentuan regulasi perpajakan yang berlaku antara lain peraturan mengenai pertukaran otomatis informasi perpajakan (automatic exchange of information). Informasi Pribadi milik Pengguna akan disimpan oleh DJP dalam jangka waktu yang ditentukan sepenuhnya oleh DJP
  16. Pengguna yang bersedia menjadi Pemberi Pinjaman wajib melaksanakan seluruh ketentuan didalam setiap Perjanjian Pemberian Pinjaman yang akan dibuat dengan Perusahaan secara terpisah dan kemudian mengikuti setiap arahan yang telah ditentukan antara lain memberikan wewenang kepada Perusahaan (i) untuk memfasilitasi permintaan pendanaan oleh Penerima Pinjaman melalui Layanan FINMAS; (ii) untuk menyalurkan pendanaan dari Pemberi Pinjaman ke Penerima Pinjaman melalui rekening penampungan (escrow account) milik Perusahaan; (iii) untuk mengatur dan mengelola mekanisme Pembayaran; dan (iv) untuk melakukan penagihan kepada Penerima Pinjaman (termasuk memfasilitasi restrukturisasi terhadap Pinjaman apabila diperlukan) apabila Penerima Pinjaman tidak melakukan Pembayaran secara penuh setelah tanggal jatuh tempo. Wewenang yang diberikan kepada Perusahaan oleh Pemberi Pinjaman tidak dapat diartikan sebagai pengalihan tanggung jawab dan kewajiban dari Pemberi Pinjaman kepada Perusahaan
  17. Pengguna yang menjadi Penerima Pinjaman wajib melaksanakan seluruh ketentuan didalam setiap Perjanjian Pinjam Meminjam Uang dengan Pemberi Pinjaman yang terpisah yang pelaksanaannya akan difasilitasi oleh Perusahaan antara lain dengan melakukan Pembayaran tepat waktu ke rekening penampungan (ditujukan ke virtual account yang terhubung dengan escrow account) yang disediakan oleh Perusahaan
  18. Perusahaan, sepanjang diizinkan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, memiliki hak penuh untuk menawarkan suku bunga maupun menentukan biaya administrasi yang akan dibebankan kepada Pengguna sehubungan dengan penggunaan Layanan FINMAS.
  19. Atas pertimbangan secara sepihak sepenuhnya oleh Perusahaan, Pinjaman yang didanai oleh Pemberi Pinjaman dapat dilindungi oleh asuransi kredit. Dalam hal ini (i) Perusahaan memiliki hak penuh untuk menunjuk dan bekerjasama dengan perusahaan asuransi yang menyediakan fasilitas asuransi kredit dari waktu ke waktu; dan (ii) Perusahaan memiliki hak penuh untuk mengubah, mengganti, merevisi, membatalkan atau menghapus sebagian maupun keseluruhan dari ketentuan mengenai asuransi kredit termasuk namun tidak terbatas pada hal-hal yang disebutkan pada butir (i) pada ayat ini (“Perubahan Ketentuan Asuransi Kredit”) yang mana Perusahaan akan menginformasikan kepada Pemberi Pinjaman atas adanya Perubahan Ketentuan Asuransi Kredit melalui Layanan FINMAS dan/atau melalui sarana yang ditentukan oleh Perusahaan. Demi menghindari keragu-raguan, ketentuan asuransi ini tidak mengikat Perusahaan dan setiap Pemberi Pinjaman setuju untuk melepaskan segala hak tuntutan kepada Perusahaan sehubungan degan apapun terkait dengan ketentuan asuransi ini.
  20. Pengguna yang berencana untuk memberikan Pinjaman namun belum memiliki pengetahuan dan pengalaman pinjam-meminjam, disarankan tidak menggunakan layanan ini.
  21. Pengguna wajib membaca dan memahami informasi dalam Ketentuan FINMAS ini sebelum secara mandiri dan dengan kehendak bebas membuat keputusan sebagai Pemberi Pinjaman maupun Penerima Pinjaman

 

C. Hak Dan Batas Pertanggung Jawaban Perusahaan

Sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, Perusahaan hanya menyediakan, mengelola dan mengoperasikan layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi dengan menggunakan Layanan FINMAS, dan dengan demikian:

  1. Perusahaan tidak bertanggung jawab atas keakuratan dan kebenaran setiap informasi (termasuk Informasi Personal) yang diberikan oleh Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada informasi penggunaan Pinjaman.
  2. Perusahaan bukan merupakan pihak yang memberikan pinjaman dana kepada Penerima Pinjaman sehingga dalam hal ini dana yang dipinjamkan kepada Penerima Pinjaman hanya berasal dari Pemberi Pinjaman yang mekanismenya disalurkan melalui Perusahaan.
  3. Perusahaan tidak memberikan jaminan apapun kepada Pemberi Pinjaman atas terlunasinya Pinjaman oleh Penerima Pinjaman.
  4. Perusahaan tidak memberikan jaminan apapun kepada Penerima Pinjaman akan kepastian tersedianya Pemberi Pinjaman yang bersedia untuk memberikan Pinjaman berdasarkan permintaan pendanaan oleh Penerima Pinjaman.
  5. Perusahaan tidak berkewajiban menyediakan asuransi kredit kepada Pemberi Pinjaman namun Perusahaan berdasarkan kebijaksanaan dari Perusahaan dapat menyediakan asuransi kredit tersebut.
  6. Perusahaan tidak menerbitkan surat utang.
  7. Perusahaan tidak memberikan rekomendasi apapun kepada Pengguna atas setiap hal sehubungan dengan Layanan FINMAS.
  8. Perusahaan akan menjaga kerahasiaan data/informasi (termasuk Informasi Personal) dari setiap Pengguna, kecuali ditentukan lain sebagaimana mengacu pada bagian B ayat 14 dalam dokumen Ketentuan FINMAS ini.
  9. Perusahaan memiliki hak berdasarkan kebijaksanaannya untuk:
    • Menolak permohonan pendaftaran calon Pengguna;
    • Menolak/membatalkan/menunda permohonan Pengguna untuk mengikuti Layanan FINMAS dan/atau berpartisipasi dalam Layanan FINMAS.
  10. Terkait ayat 9 di atas, setiap Pengguna setuju untuk melepaskan segala hak tuntutan kepada Perusahaan dan Perusahaan berhak untuk tidak menginformasikan calon Pengguna, Penerima Pinjaman dan/atau Pemberi Pinjaman alasan penolakan, penundaan atau pembatalan tersebut kecuali diatur lain oleh ketentuan hukum dan peraturan yang berlaku.
  11. Perusahaan berhak menentukan skema dan ketentuan komersil terkait pendanaan yang ditawarkan kepada Pengguna dengan keputusan atau persetujuan atas ketentuan komersil sepenuhnya menjadi tanggung jawab dan hak Pengguna.
  12. Perusahaan memiliki hak penuh untuk menentukan bank beserta rekening yang digunakan sehubungan dengan Layanan FINMAS.
  13. Seluruh konten yang ada didalam Layanan FINMAS adalah milik Perusahaan termasuk merek dagang, logo dan tulisan “FINMAS” telah didaftarkan pada Direktorat Jenderal Hak Atas Kekayaan Intelektual Properti Departemen Hukum dan Hak Asasi Indonesia. Seluruh penggunaan atas, domain desain, merek dagang, logo atau tulisan sehubungan dengan Layanan FINMAS, selain Perusahaan, harus mendapatkan persetujuan terlebih dahulu dari Perusahaan. Pengguna setuju untuk tidak melakukan pendaftaran apapun atas domain desain, merek dagang, logo atau tulisan sehubungan dengan Layanan FINMAS

 

D. Hak Dan Kewajiban Pengguna

  1. Pemberi Pinjaman yang telah menyetujui untuk mendanai permohonan pendanaan wajib mengirimkan dana yang akan dipinjamkan kepada Penerima Pinjaman sesuai jadwal dan mekanisme yang ditentukan oleh Perusahaan sebagaimana juga tercantum dalam Perjanjian yang akan ditandatangani secara terpisah.
  2. Seluruh ketentuan yang diatur didalam Perjanjian yang akan ditandatangani oleh dan antara Pemberi Pinjaman dan Penerima Pinjaman secara terpisah akan serta merta mengikat Pemberi Pinjaman dan Penerima Pinjaman sampai dengan dibayarkan secara penuh Pinjaman oleh Penerima Pinjaman. Pemberi Pinjaman dan Penerima Pinjaman sepakat untuk tunduk pada ketentuan baru apabila ketentuan yang sebelumnya diatur tersebut dikemudian hari bertentangan dengan hukum dan peraturan yang berlaku di Republik Indonesia.
  3. Pemberi Pinjaman akan menanggung seluruh risiko atas pemberian Pinjaman kepada Penerima Pinjaman termasuk keterlambatan pembayaran atau tidak terbayarkannya Pinjaman oleh Penerima Pinjaman. Perusahaan tidak bertanggung jawab dan tidak ada lembaga atau otoritas negara yang bertanggungjawab kepada setiap Pengguna atas setiap risiko yang timbul atas pemberian Pinjaman tersebut.
  4. Konfirmasi atau persetujuan oleh Pemberi Pinjaman atau Penerima Pinjaman pada Layanan FINMAS tidak dapat dibatalkan oleh karena sebab apapun.
  5. Pengguna wajib menyimpan dan merahasiakan username, kode rahasia, kata sandi/password, OTP atau informasi lainnya (termasuk Informasi Personal) yang digunakan untuk mengotentikasi dan mengidentifikasi Pengguna sehubungan dengan pengaksesan dan penggunaan Layanan FINMAS oleh Pengguna (“Kredensial Unik Pengguna”), sehingga dalam hal ini Pengguna wajib memahami dan bertanggung jawab sepenuhnya terhadap seluruh aktivitas yang dilakukannya dalam Layanan FINMAS. Setiap konfirmasi atau persetujuan dari Pengguna yang menggunakan Kredensial Unik Pengguna dianggap sah (yaitu dibuat dan dilaksanakan oleh Pengguna) dan mengikat. Kelalaian terhadap penyimpanan dan kerahasiaan Kredensial Unik Pengguna oleh Pengguna menjadi tanggung jawab Pengguna sepenuhnya, namun tanpa mengesampingkan hal tersebut apabila Pengguna mengetahui adanya penyalahgunaan Kredensial Unik Pengguna terkait pengaksesan akun miliknya pada Layanan FINMAS oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab atau Pengguna mengetahui adanya kebocoran Informasi Pribadi maupun Kredensial Unik Pengguna pada sistem Layanan FINMAS maka Pengguna wajib memberitahu Perusahaan tentang keadaan tersebut.
  6. Pengguna dilarang menyalahgunakan Layanan FINMAS untuk kegiatan atau aktivitas yang berhubungan dengan unsur pencucian uang atau pendanaan terorisme, politik uang, pelanggaran terhadap norma-norma sosial, pendanaan kelompok-kelompok yang dilarang berdasarkan oleh ketentuan hukum dan peraturan yang berlaku, pendanaan perdagangan obat-obatan terlarang (narkotika atau psikotropika) dan/atau kegiatan lainnya yang melanggar ketentuan hukum dan peraturan yang berlaku di Republik Indonesia (selanjutnya secara keseluruhan disebut “Pelanggaran Hukum”). Pengguna memahami bahwa (i) Perusahaan berhak untuk melaporkan kepada otoritas yang relevan sesuai regulasi atau undang-undang yang berlaku apabila Perusahaan menemukan adanya indikasi Pelanggaran Hukum oleh Pengguna atau Pengguna terbukti secara hukum melakukan Pelanggaran Hukum; dan (ii) Perusahaan berhak untuk memblokir akun Layanan FINMAS dan/atau membatalkan Transaksi dan/atau menunda penyaluran pendanaan, yang mana relevan.
  7. Pemberi Pinjaman, dengan menyetujui Ketentuan FINMAS ini, sekaligus menyatakan bahwa sumber dana yang digunakan untuk Pinjaman, baik secara langsung maupun tidak langsung tidak berasal dari sumber yang tidak sah, hasil kejahatan atau kegiatan yang dilarang berdasarkan hukum dan peraturan yang berlaku di Republik Indonesia. Apabila di kemudian hari ditemukan adanya pelanggaran terhadap hal ini maka Perusahaan berhak untuk menerapkan tindakan-tindakan yang dinilai perlu sebagaimana dimaksud pada ayat 6 di atas.
  8. Penerima Pinjaman wajib memberikan informasi secara lengkap, benar dan akurat mengenai tujuan peminjaman/penggunaan Pinjaman.
  9. Pemberi Pinjaman wajib melakukan penelaahan, pemeriksaan dan penelitian atas informasi yang diberikan oleh Penerima Pinjaman mengenai tujuan penggunaan Pinjaman sebelum menentukan dan menyetujui pemberian Pinjaman.
  10. Penerima Pinjaman memiliki hak untuk mendapatkan informasi mengenai status Pinjaman yang akan diterima.
  11. Penerima Pinjaman tidak dapat membatalkan pengajuan/permohonan Pinjaman yang telah disetujui pendanaannya oleh Pemberi Pinjaman.
  12. Penerima Pinjaman wajib setiap saat mempertimbangkan tingkat bunga Pinjaman dan setiap biaya yang wajib di-bayarkan sesuai dengan kemampuannya dalam melunasi Pinjaman

 

E. Lain - Lain

  1. Perusahaan menyediakan sarana pelayanan Pengguna yaitu layanan pendukung pelanggan (Customer Support) yang beroperasi setiap hari Senin hingga Minggu (pukul 08.00 – 22.00 WIB) kecuali hari libur nasional dan dapat diakses sebagai berikut:
    melalui e-mail ke cs@finmas.co.id.
    melalui telepon ke 021-2789 9666
  2. Pengguna dengan ini menyetujui Perusahaan untuk menyediakan edukasi dan informasi mengenai layanan atau fitur terbaru melalui website www.finmas.co.id, SMS, social media, email, aplikasi atau sarana lainnya yang ditentukan oleh Perusahaan.
  3. Penerima Pinjaman dengan ini menyetujui dan bersedia untuk dihubungi oleh Perusahaan terkait adanya keterlambatan pembayaran/pelunasan Pinjaman melalui sarana yang ditentukan oleh Perusahaan sewaktu-waktu.
  4. Ketentuan Layanan FINMAS dan Perjanjian tunduk pada hukum Negara Republik Indonesia.
  5. Setiap kecurangan yang dilakukan oleh Pengguna ataupun Perusahaan akan tercatat secara digital di dunia maya dan dapat diketahui atau diakses oleh masyarakat luas melalui media sosial yang seluruhnya akan dilakukan sesuai dengan hukum dan peraturan perundang-undangan.
  6. Apabila ada pasal-pasal dan/atau pengaturan dalam Ketentuan FINMAS ini yang dianggap tidak sah ataupun tidak dapat diberlakukan, pasal dan/atau pengaturan tersebut akan dilakukan semaksimal mungkin sesuai dengan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, dan pasal-pasal dan/atau pengaturan lain akan tetap dianggap berlaku secara penuh dan efektif.
  7. Pengguna setuju untuk menyelesaikannya secara musyawarah untuk mufakat apabila terjadi perselisihan atau sengketa. Apabila dalam waktu 30 (tiga puluh) hari kalender tidak tercapai kesepakatan penyelesaian maka Pengguna setuju untuk menyelesaikannya melalui Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) yang beralamat di Wahana Graha Lt. 1&2, Jalan Mampang Prapatan No. 2, Duren Tiga, Pancoran, RT.4/RW.1, Duren Tiga, Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760 dan keputusan yang dihasilkan melalui BANI tersebut adalah bersifat final dan mengikat.
  8. Perusahaan dapat sewaktu-waktu melakukan perubahan atau pengkinian terhadap produk, layanan berikut ketentuan terkaitnya yang disediakan pada Layanan FINMAS (“Pengkinian Layanan FINMAS”) dan Pengkinian Layanan FINMAS tersebut akan diinformasikan kepada Pengguna melalui mekanisme atau sarana yang ditentukan oleh Perusahaan. Apabila Pengkinian Layanan FINMAS dapat berdampak terhadap berlakunya atau berlangsungnya suatu Transaksi maka Perusahaan akan meminta persetujuan terlebih dahulu dari Pengguna.
  9. Seluruh ketentuan, hak dan kewajiban didalam Layanan FINMAS dapat berakhir dan masing-masing Pihak dibebaskan dari segala tanggung jawab dalam hal suatu peristiwa Keadaan Memaksa terjadi. Pembebasan dari segala tanggung jawab tersebut terus berlaku selama peristiwa-peristiwa yang dianggap sebagai Keadaan Memaksa masih terus berlaku dan Pihak Pihak telah melakukan hal-hal yang dianggap wajar untuk memitigasi peristiwa-peristiwa yang dianggap sebagai Keadaan Memaksa tersebut. Dalam hal Keadaan Memaksa tersebut terus berlangsung lebih dari 30 (tiga puluh) hari, Pihak akan, dengan itikad baik, membahas perubahan dari Ketentuan FINMAS dan dokumen-dokumen sehubungan dengan Layanan FINMAS untuk memitigasi segala keterlambatan ataupun penundaan atas pelaksanaan hak dan kewajiban yang terjadi dikarenakan oleh Keadaan Memaksa.
  10. Dengan membaca Ketentuan FINMAS, anda menyatakan persetujuan ada secara tegas dan tanpa terkecuali terhadap Ketentuan FINMAS ini.
PERHATIAN