Kebijakan Privasi | Finmas - Sahabat Finansial Indonesia

Kebijakan
Privasi 

Kebijakan Privasi (privacy policy) FINMAS ini dibuat dan diatur oleh PT Oriente Mas Sejahtera (“Perusahaan”) sesuai dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 20 Tahun 2016 tentang Perlindungan Data Pribadi Dalam Sistem Elektronik,
Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (“OJK”) No. 77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi
Informasi, Surat Edaran OJK No. 18/SEOJK.02/2017 tentang Tata Kelola dan Manajemen Risiko Teknologi Informasi Pada Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi, Pedoman Perilaku yang ditentukan oleh OJK dan/atau oleh asosiasi yang ditunjuk oleh OJK, dan Kebijakan Perlindungan Konsumen yang diterbitkan oleh Perusahaan, sebagaimana diubah dari waktu ke waktu (“Peraturan Informasi Personal”), sehubungan dengan pengaksesan, perolehan, pengumpulan, penyimpanan,
pengolahan, penggunaan, penganalisaan, dan/atau
pendistribusian, pengungkapan, penampilan, pengiriman, dan penyebarluasan setiap data pribadi dan/atau informasi pribadi Pengguna sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Informasi Personal (termasuk namun tidak terbatas pada tipe browser dan informasi teknis mengenai koneksi Pengguna ke host
Perusahaan seperti sistem operasi dan penyedia layanan
internet dan informasi sejenis lainnya) yang diperoleh dan
diterima dari Pengguna Layanan FINMAS (“Informasi Personal”).

Istilah yang diawali dengan huruf besar yang tidak didefinisikan lain dalam Kebijakan Privasi FINMAS ini memiliki arti yang sama yang diberikan untuk istilah tersebut dalam Syarat dan Ke-
tentuan Penggunaan Layanan FINMAS (“Ketentuan FINMAS”).

Kebijakan Privasi FINMAS ini berlaku untuk semua layanan yang tersedia pada platform atau website, aplikasi ataupun bentuk sistem elektronik lainnya dari Layanan FINMAS. Setiap Pengguna yang telah menggunakan Layanan FINMAS, dianggap telah membaca, memahami penggunaan Informasi Personal dan menyatakan persetujuannya terhadap secara tegas dan tanpa terkecuali untuk terikat dan tunduk pada Kebijakan Privasi FINMAS ini.

 

Informasi Personal

  • Pengguna setuju dan memberi wewenang penuh kepada Perusahaan untuk, dan akan memperoleh, mengakses, mengumpulkan, mengolah, menyimpan, dan menganalisa, Informasi Personal dari Pengguna melalui, namun tidak terbatas pada, ketika Pengguna mengakses menu pada Layanan Finmas (baik melalui atau website atau aplikasi ataupun bentuk sistem elektronik lainnya), melakukan pendaftaran, melakukan transaksi, aktifitas, layanan, dan/atau fitur lainnya yang tersedia dalam Layanan FINMAS, selama tidak melanggar ketentuan Peraturan Informasi Personal yang berlaku.
  • Pada saat melakukan registrasi Layanan FINMAS, Pengguna wajib mengisi data Pengguna secara lengkap, akurat, dan tepat mengenai, antara lain nama Pengguna, nomor telepon selular, alamat surat elektronik (email) yang akan digunakan untuk Layanan FINMAS, nomor kartu identitas, alamat rumah, data pekerjaan, foto dokumen identitas, foto diri, informasi rekening bank, maupun data-data lainnya sesuai dengan Peraturan Informasi Personal yang berlaku dan yang relevan, sebagaimana diminta oleh Perusahaan dari waktu ke waktu.
  • Pengguna wajib senantiasa menjaga kerahasiaan password/sandi/kata kunci atau lainnya yang setara untuk mengakses akun Pengguna pada Layanan FINMAS dan tidak memberikannya kepada siapapun termasuk kepada staf atau karyawan atau perwakilan dari Perusahaan. Pengguna juga diwajibkan untuk melakukan pengkinian data (update) atas perubahan data yang digunakan untuk pendaftaran Layanan FINMAS dengan mekanisme yang ditentukan oleh Perusahaan. Pengguna akan segera memberitahukan Perusahaan apabila terjadi kebocoran dan/atau penyalahgunaan Informasi Personal oleh pihak(-pihak) lain yang tidak bertanggung jawab untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan akun/rekening FINMAS yang dimiliki oleh Pengguna oleh pihak(-pihak) lain tersebut.
  • Pengguna setuju bahwa Perusahaan dapat setiap saat meminta dokumen pendukung tambahan atau Informasi Personal terbaru kepada Pengguna untuk kebutuhan pemrosesan Layanan FINMAS dan/atau kebutuhan penerapan anti pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme.
  • Pengguna menyetujui bahwa Perusahaan akan menyimpan Informasi Pribadi yang disampaikan atau diberikan oleh Pengguna kepada Perusahaan (i) selama Pengguna terdaftar di Perusahaan dan tidak menutup akunnya; dan/atau (ii) selama 10 tahun sejak penutupan akun oleh Pengguna atau lebih dari 10 tahun apabila dipersyaratkan oleh otoritas berwenang.

 

Penggunaan dan Pengungkapan Informasi Personal

Informasi Personal yang diberikan oleh Pengguna dapat digunakan, dikumpulkan, diolah, dianalisa, disimpan, dan diungkapkan oleh Perusahaan, antara lain untuk tujuan-tujuan berikut:

  • Melakukan verifikasi identitas calon Pengguna;
  • Melakukan penilaian kelayakan calon Pengguna sebagai Pemberi Pinjaman;
  • Melakukan penilaian kelayakan calon Pengguna sebagai Penerima Pinjaman;
  • Melakukan komunikasi dengan calon Pemberi Pinjaman atas hasil proses permohonan menjadi Pemberi Pinjaman;
  • Melakukan komunikasi dengan calon Penerima Pinjaman atas hasil proses permohonan menjadi Penerima Pinjaman;
  • Memproses pembuatan virtual account untuk Pengguna;
  • Memproses pembuatan dokumen perjanjian atas Transaksi yang dilakukan melalui Layanan FINMAS;
  • Mengingatkan Penerima Pinjaman tanggal jatuh tempo pembayaran/pelunasan Pinjaman;
  • Melakukan proses penagihan kepada Penerima Pinjaman apabila pinjaman belum dilunasi setelah melewati tanggal jatuh tempo;
  • Meningkatkan pelayanan bagi Pengguna;
  • Memberikan informasi kepada Pengguna mengenai Layanan FINMAS

Sehubungan dengan pengungkapan Informasi Personal oleh Perusahaan sebagaimana dimaksud pada bagian B ayat 1 di atas, Perusahaan dapat memberikan Informasi Personal kepada pihak-pihak lain sehubungan dengan keperluan penyelenggaraan Layanan FINMAS antara lain sebagai berikut:

  • Direktorat Jendral Kependudukan dan Pencatatan Sipil (“Dukcapil”), Lembaga Negara yang memiliki pusat data kependudukan, atau pihak penyelenggara lainnya yang memiliki koneksi resmi ke Dukcapil atau Lembaga Negara untuk tujuan verifikasi keabsahan identitas Pengguna. Informasi Pribadi milik Pengguna dapat di-
    simpan selamanya oleh Dukcapil atau Lembaga Negara, atau mengikuti ketentuan internal Dukcapil atau Lembaga Negara tersebut.

  • Pihak penyelenggara Tanda Tangan Digital untuk ke-
    butuhan pembuatan Tanda Tangan Elektronik yang dalam prosesnya dapat meliputi verifikasi keabsahan Pengguna dan pembuatan akun Tanda Tangan
    Elektronik pada penyelenggara Tanda Tangan Digital. Informasi Pribadi milik Pengguna akan tetap disimpan oleh penyelenggara Tanda Tangan Elektronik selama akun Pengguna pada penyelenggara Tanda Tangan
    Elektronik tidak ditutup.
  • Pihak penyelenggara informasi kredit untuk mendapatkan informasi mengenai status kolektibilitas, riwayat kredit dan informasi keuangan lainnya sehingga Pe-
    rusahaan dapat menilai kelayakan (i) calon Pemberi Pinjaman, atau (ii) permohonan Pinjaman oleh calon Penerima Pinjaman. Informasi Pribadi milik Pengguna akan disimpan oleh pihak penyelenggara informasi kredit selama berlakunya kerjasama antara
    Perusahaan dengan pihak penyelenggara
    informasi tersebut.
  • Mitra penagihan eksternal yang menjalin kerjasama dengan Perusahaan (apabila ada) yang mana dalam hal ini (i) pemberian Informasi Pribadi hanya akan dilakukan pada saat Penerima Pinjaman belum me-
    lunasi Pinjaman setelah melewati batas jatuh tempo; dan (ii) Informasi Pribadi yang diberikan oleh Pe-
    rusahaan hanya sebatas yang diperlukan untuk
    kegiatan penagihan saja sesuai ketentuan pedoman perilaku industri Layanan Pinjam Meminjam Uang
    Berbasis Teknologi Informasi yang berlaku. Informasi Pribadi milik Penerima Pinjaman akan disimpan oleh mitra penagihan eksternal selama berlakunya jangka waktu penunjukan tugas penagihan oleh Perusahaan.
  • Mitra asuransi kredit atau mitra penyelenggara pen-
    jaminan untuk kebutuhan mitigasi risiko kredit bagi Pemberi Pinjaman. Informasi Pribadi milik Pengguna akan disimpan selama proses internal yang dilakukan oleh mitra asuransi kredit atau mitra penyelenggara
    penjaminan berlangsung atau sesuai kebijakan
    masing-masing pihak tersebut.
  • Pemberi Pinjaman untuk keperluan permohonan pendanaan terhadap Pinjaman dan apabila Penerima
    Pinjaman tidak melunasi Pinjaman setelah melewati 90 (sembilan puluh) hari setelah tanggal jatuh tempo.
    Informasi Pribadi milik Penerima Pinjaman akan di-
    simpan oleh Pemberi Pinjaman untuk kebutuhan penagihan oleh Pemberi Pinjaman kepada Penerima Pinjaman.
  • Otoritas pengawas Perusahaan sehubungan dengan penyelenggaraan Layanan FINMAS yaitu OJK untuk keperluan investigasi permasalahaan Pengguna atas penggunaan Layanan FINMAS oleh Pengguna,
    pelaporan kegagalan Pembayaran oleh Penerima
    Pinjaman atau untuk hal-hal lain sesuai permintaan OJK secara tertulis kepada Perusahaan. Informasi Pribadi milik Pengguna akan disimpan oleh pihak OJK dalam jangka waktu yang ditentukan menurut
    kebijakan OJK.
  • Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa (“LAPS”) apabila Perusahaan dan Pengguna sepakat untuk menyelesaikan sengketa melalui LAPS apabila pihak Perusahaan dan pihak Pengguna tidak mendapat suatu kesepakatan atas hasil tindak lanjut penanganan permasalahan Pengguna oleh Perusahaan. Informasi Pribadi milik Pengguna akan disimpan dan dimanfaatkan oleh LAPS untuk kebutuhan penyelesaian sengketa selama proses penyelesaian sengketa berlangsung.
  • Pihak asosiasi yang ditunjuk secara resmi oleh OJK dan mewakili OJK untuk kebutuhan pengumpulan informasi untuk pusat data Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi. Penyimpanan dan pe-
    manfaatan Informasi Pribadi milik Pengguna oleh
    asosiasi tersebut termasuk jangka waktu penyimpanan dan mekanisme pemanfaatannya mengikuti ketentuan dan arahan dari OJK sepenuhnya.
  • Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (“PPATK”) apabila Perusahaan mengidentifikasi adanya transaksi keuangan mencurigakan sebagaimana diatur pada ketentuan regulasi dan undang-undang mengenai pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme. Informasi Pribadi milik Pengguna akan disimpan oleh PPATK dalam jangka waktu yang ditentukan
    sepenuhnya oleh PPATK.
  • Otoritas penegak hukum di Republik Indonesia antara lain Kepolisian Negara Republik Indonesia, Komisi
    Pemberantasan Korupsi (“KPK”), Pengadilan, dan lain sebagainya (secara keseluruhan disebut “Otoritas
    Penegak Hukum”) untuk keperluan apapun terkait
    penegakan hukum yang diduga melibatkan Pengguna
    (antara lain namun tidak terbatas pada kasus
    pelanggaran hukum, kejahatan, pencucian uang,
    pendanaan terorisme, korupsi) yang dalam hal ini wajib diminta secara resmi dan tertulis oleh otoritas yang terkait tersebut. Informasi Pribadi milik Pengguna akan disimpan oleh Otoritas Penegak Hukum yang ber-
    sangkutan dalam jangka waktu yang ditentukan
    sepenuhnya oleh Otoritas Penegak Hukum tersebut.
  • DIrektorat Jenderal Pajak Republik Indonesia (“DJP”) untuk pemenuhan kewajiban pelaporan informasi
    bagi Perusahaan sesuai ketentuan regulasi per-
    pajakan yang berlaku antara lain peraturan mengenai pertukaran otomatis informasi perpajakan (automatic
    exchange of information). Informasi Pribadi milik
    Pengguna akan disimpan oleh DJP dalam jangka
    waktu yang ditentukan sepenuhnya oleh DJP.

Perusahaan dapat memanfaatkan Informasi Personal untuk diungkapkan kepada pihak-pihak yang sewaktu-waktu ditunjuk dan/atau dipekerjakan oleh Perusahaan termasuk namun tidak terbatas pada, afiliasi, sub-kontraktor dari Perusahaan, organisasi / perusahaan yang ditunjuk oleh Perusahaan, dan pihak pihak lain yang dianggap perlu oleh Perusahaan (“Pihak Ketiga”) untuk keperluan penyelenggaraan dan pengoperasian Layanan FINMAS untuk Pengguna termasuk namun tidak terbatas pada keperluan pemeliharaan sistem informasi Layanan FINMAS dan investigasi untuk penyelesaian permasalahan Pengguna. Perusahaan dengan upaya terbaiknya akan memastikan Pihak Ketiga tersebut melindungi Informasi Per- sonal sebagaimana dilakukan oleh Perusahaan.

 

Perlindungan Informasi Personal

Sehubungan dengan perlindungan Informasi Personal oleh Perusahaan: (i) Perusahaan mengadopsi langkah-langkah keamanan untuk melindungi terhadap akses yang tidak sah, perubahan, pengungkapan atau perusakan Informasi Personal Pengguna, yang tersimpan pada Layanan FINMAS; (ii) Pe- rusahaan tidak akan memberikan, menjual atau menukar Informasi Personal baik secara komersil maupun non-komersil kepada pihak-pihak lain selain pihak-pihak sebagaimana tertera pada bagian B ayat 2 dan ayat 3 dalam Kebijakan Privasi (Privacy Policy) FINMAS ini; (iii) Perusahaan akan segera memberitahukan kepada Pengguna secara tertulis dalam waktu 5 (lima) hari kerja sejak Perusahaan mengetahui adanya kegagalan perlindungan Informasi Personal Pengguna.

 

Persetujuan Anda terhadap kebijakan ini

Pengguna dengan ini membebaskan dan/atau melepaskan Perusahaan dari segala tuntutan, klaim dan/atau gugatan yang timbul sehubungan dengan, namun tidak terbatas pada: (i) pemberian akses, perolehan, pengumpulan, pengolahan, penggunaan, penganalisisan, dan/atau pendistribusian, pengungkapan, penampilan, pengiriman, dan penyebarluasan Informasi Personal Pengguna, (ii) informasi yang tidak tepat dan akurat yang diberikan oleh Pengguna kepada Perusahaan, (iii) tidak dilakukannya pengkinian data (update) atas perubahan data yang digunakan untuk pendaftaran Layanan FINMAS oleh Pengguna, dan/atau (iv) Pengguna memberikan password/sandi/ kata kunci kepada pihak ketiga ataupun, termasuk kepada staf atau perwakilan dari Perusahaan. Jika Pengguna tidak setuju dengan kebijakan ini, Pengguna dapat memilih untuk tidak menggunakan Layanan FINMAS. Jika Pengguna memiliki per- tanyaan dapat silakan langsung menghubungi Perusahaan.

Dengan membaca Kebijakan Privasi FINMAS, Anda menyatakan persetujuan ada secara tegas dan tanpa terkecuali terhadap Kebijakan Privasi FINMAS ini.

PERHATIAN