Kebijakan
Privasi 

Kebijakan Privasi (Privacy Policy) FINMAS (“Kebijakan Privasi”) ini dibuat dan diatur oleh PT Oriente Mas Sejahtera (“Perusahaan”) sesuai dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 20 Tahun 2016 tentang Perlindungan Data Pribadi Dalam Sistem Elektronik, Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (“OJK”) No. 77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi, Surat Edaran OJK No. 18/SEOJK.02/2017 tentang Tata Kelola dan Manajemen Risiko Teknologi Informasi Pada Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi, Pedoman Perilaku yang ditentukan oleh OJK dan/atau oleh asosiasi yang ditunjuk oleh OJK, sebagaimana diubah dari waktu ke waktu (“Peraturan Informasi Pribadi”). Kebijakan Privasi ini dibuat dan diatur sehubungan dengan pengaksesan, perolehan, pengumpulan, penyimpanan, pengolahan, penggunaan, penganalisaan, dan/atau pendistribusian, pengungkapan, penampilan, pengiriman, dan penyebarluasan setiap data pribadi dan/atau informasi pribadi Pengguna (termasuk namun tidak terbatas pada tipe browser dan informasi teknis mengenai koneksi Pengguna ke host Perusahaan seperti sistem operasi dan penyedia layanan internet dan informasi sejenis lainnya) yang diperoleh dan diterima dari Pengguna Layanan FINMAS (“Informasi Pribadi”) oleh Perusahaan, afiliasinya, atau karyawannya. Perusahaan hanya akan mengumpulkan Informasi Pribadi sepanjang diperlukan dan terkait dengan Layanan FINMAS dan untuk mendukung Layanan Finmas. Perusahaan hanya akan menyimpan informasi Pengguna sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Istilah yang diawali dengan huruf besar yang tidak didefinisikan lain dalam Kebijakan Privasi ini memiliki arti yang sama yang diberikan untuk istilah tersebut dalam Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan FINMAS (“Ketentuan FINMAS”).

Kebijakan Privasi ini berlaku untuk semua layanan yang tersedia pada platform atau website, aplikasi, sistem elektronik atau bentuk yang lainnya dari atau sehubungan dengan Layanan FINMAS. Setiap Pengguna yang menggunakan Layanan FINMAS, dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui penggunaan Informasi Pribadi sebagaimana diatur dalam Kebijakan Privasi ini dan menyatakan persetujuannya secara tegas dan tanpa terkecuali untuk terikat dan tunduk pada Kebijakan Privasi ini. Jika Pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian atau seluruh isi Kebijakan Privasi ini, maka Pengguna tidak diperkenankan menggunakan Layanan FINMAS.

Pelawat dapat mengunjungi Layanan FINMAS dan menelusuri tanpa harus memberikan informasi pribadi. Selama kunjungan ke Layanan FINMAS, pelawat dapat memilih untuk tetap anonim dan kapan saja kami dapat mengidentifikasi Pengguna Layanan FINMAS kecuali pelawat memiliki Akun FINMAS dan masuk dengan nama pengguna dengan kata sandi.

A. Informasi Pribadi

Dengan menggunakan Layanan FINMAS:

  1. Pengumpulan Informasi Pribadi - Selama tidak melanggar ketentuan Peraturan Informasi Pribadi yang berlaku, Pengguna secara tegas dan tanpa syarat menyatakan persetujuannya dan memberikan wewenang penuh kepada Perusahaan, baik secara langsung maupun tidak langsung, untuk, dan akan, memperoleh, mengakses, mengumpulkan, mengolah, menyimpan, menggunakan, mengungkapkan, memproses dan menganalisa setiap Informasi Pribadi dari Pengguna, termasuk namun tidak terbatas ketika:

    (i) Pengguna mengakses menu pada Layanan Finmas (baik melalui atau website atau aplikasi, sistem elektronik atau bentuk lainnya), melakukan pendaftaran, melakukan transaksi, aktifitas, layanan, dan/atau menggunakan fitur lainnya yang tersedia dalam atau sehubungan dengan atau untuk mendukung Layanan FINMAS, termasuk untuk menggunakan fitur atau layanan dari pihak ketiga yang bekerjasama dengan Perusahaan;

    (ii) Pengguna dihubungi oleh Perusahaan atau perwakilannya atau ketika Pengguna berinteraksi dengan Perusahaan termasuk petugas Layanan FINMAS, baik melalui telepon, surat, pertemuan secara langsung, online chatting, online message, media sosial, atau email serta bentuk komunikasi lainnya; dan

    (iii) Perusahaan menerima Informasi Pribadi dari pihak ketiga atau afiliasinya dari berbagai sumber data atau melalui akses dari sistem-sistem elektronik yang tersambung dengan Layanan FINMAS, dengan ketentuan Perusahaan telah melakukan verifikasi atas Informasi Pribadi tersebut.

 

  1. Pengungkapan Informasi Pribadi - Pada saat melakukan pendaftaran Layanan FINMAS, Pengguna wajib mengisi data Pengguna termasuk Informasi Pribadi secara lengkap, benar dan akurat, tepat dan tidak menyesatkan mengenai, antara lain nama Pengguna, nomor telepon selular, alamat surat elektronik (email) yang akan digunakan untuk Layanan FINMAS, nomor kartu identitas, alamat rumah, data pekerjaan, foto dokumen identitas, foto diri, informasi rekening bank, maupun data-data lainnya sesuai dengan Peraturan Informasi Pribadi yang berlaku dan yang relevan, sebagaimana diminta oleh Perusahaan dari waktu ke waktu. Pengguna wajib untuk selalu memperbaharui dan menginformasikan setiap perubahan dari Informasi Pribadi kepada Perusahaan. Perusahaan berhak untuk meminta dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk melakukan verifikasi atas setiap informasi yang diberikan oleh Pengguna kepada Perusahaan.
  1. Data Log - Ketika Pengguna mengunjungi Layanan FINMAS, browser Pengguna dapat mengirimkan Informasi Pribadi ke Perusahaan untuk dikumpulkan oleh Perusahaan sebagai bagian dari pencatatan statistik. Proses pengumpulan informasi ini disebut "Data Log", dan dapat mencakup informasi seperti alamat IP komputer, jenis browser, versi browser, halaman yang dikunjungi dari situs web FINMAS, waktu dan tanggal kunjungan, waktu yang dihabiskan untuk halaman atau saluran lain dari Layanan FINMAS termasuk aplikasi FINMAS, dan statistik lainnya.
  1. Cookie - Cookie dapat ditransfer ke komputer atau perangkat Pengguna, untuk mengidentifikasi komputer atau perangkat Pengguna dan untuk "mengingat" hal-hal tentang kunjungan Pengguna melalui komputer atau perangkat Pengguna, seperti preferensi Pengguna atau nama Pengguna dan kata sandi. Setelah persetujuan diberikan oleh Pengguna, file atau data akan ditambahkan dan cookie akan membantu menganalisis lalu lintas web atau memberikan informasi penggunaan internet, informasi yang terkandung dalam cookie dapat ditautkan ke Informasi Pribadi Pengguna untuk tujuan seperti meningkatkan kualitas Layanan FINMAS, menyesuaikan rekomendasi untuk kepentingan Pengguna, dan membuat Layanan FINMAS lebih mudah digunakan. Pengguna dapat menginstruksikan browsernya untuk menolak semua cookie atau untuk menunjukkan ketika cookie sedang dikirim. Pengguna juga dapat menghentikan aktivasi cookie kapan pun, dengan ketentuan bahwa beberapa atau semua fitur Layanan FINMAS dapat tidak digunakan oleh Pengguna. Perusahaan dapat menampilkan cookie yang dikirimkan oleh pihak ketiga ke komputer atau perangkat Pengguna sehingga konten yang diakses dapat dilacak atau diketahui.
  1. Konten pihak ketiga – konten atau informasi atas produk dan jasa yang disediakan atau ditawarkan oleh pihak ketiga yang menjadi rekanan Perusahaan dapat ditampilkan dalam Layanan FINMAS. Untuk tujuan ini, konten dan informasi tersebut dapat dikumpulkan melalui komputer atau perangkat Pengguna, seperti aktivitas sesi Layanan FINMAS oleh Pengguna, pengidentifikasi perangkat (termasuk nomor IMEI), alamat MAC, informasi geo-lokasi, dan alamat IP. Informasi ini dapat digunakan untuk memberikan rekomendasi atau informasi produk yang menarik bagi Pengguna. Perusahaan tidak bertanggung jawab atas setiap konten atau informasi atas produk dan jasa yang disediakan dan ditawarkan oleh pihak ketiga, baik yang dapat diakses melalui situs pihak ketiga atau melalui situs pihak ketiga yang diposting pada Layanan FINMAS. Pengguna telah memahami, mengerti, mengakui dan menyetujui bahwa Perusahaan akan dibebaskan dan tidak bertanggung jawab atau berkewajiban atas ketersediaan, keakuratan, kesesuaian, kelengkapan atau kebenaran layanan, konten, informasi atau produk yang disediakan melalui situs pihak ketiga tersebut. Perusahaan tidak membuat representasi atau jaminan apa pun tentang layanan, konten, informasi dan/atau produk yang disediakan oleh pihak ketiga sebagai rekanan yang bekerjasama dengan Perusahaan.

    Perusahaan juga tidak bertanggung jawab atas keakuratan informasi, konten, produk atau layanan yang ditawarkan oleh, atau praktik informasi yang diadopsi oleh situs-situs pihak ketiga yang terhubung dengan atau ditampilkan pada Layanan FINMAS. Karena situs web pihak ketiga, platform atau fasilitas pihak ketiga mungkin memiliki kebijakan privasi dan/atau standar sekuriti (security standards) yang berbeda yang mengatur situs mereka, maka kami menyarankan Pengguna untuk dengan hati-hati meninjau kebijakan dan syarat dan ketentuan privasi situs web, platform atau fasilitas ini sebelum menyediakan Informasi Pribadi apa pun. Jika Pengguna memberikan Informasi Pribadi apa pun ke situs web, platform atau fasilitas pihak ketiga mana pun, mereka dapat memproses Informasi Pribadi Pengguna untuk keperluan sendiri, dan mereka yang akan bertanggung jawab untuk kepatuhan dengan hukum yang berlaku yang berkenaan dengan Informasi Pribadi Pengguna dan pengungkapan yang sesuai untuk Pengguna. Pengguna disarankan untuk menghubungi pihak ketiga tersebut secara langsung jika memiliki masalah atau ada pertanyaan yang timbul darinya.
  1. Informasi Pribadi Pihak Ketiga - Jika Pengguna memberikan Informasi Pribadi yang berkaitan dengan individu pihak ketiga (misalnya informasi pasangan, anak-anak, orang tua, dan/atau karyawan, dll.) kepada Perusahaan, maka Pengguna menyatakan dan menjamin bahwa Pengguna telah memperoleh persetujuan dari para individu pihak ketiga tersebut untuk mengirimkan, menyebarkan dan menyediakan kepada Perusahaan sesuai dengan syarat dan ketentuan dalam Kebijakan Privasi ini (termasuk kewajiban untuk mengungkapkan informasi kepada pihak ketiga tersebut, jika diperlukan) untuk dapat digunakan oleh Perusahaan atau pemberi pinjaman untuk tujuan dan penggunaan sebagaimana disebutkan dalam Kebijakan Privasi ini.
  1. Keamanan Password - Pengguna wajib senantiasa menjaga kerahasiaan password/sandi/kata kunci atau lainnya yang setara untuk mengakses akun Pengguna pada Layanan FINMAS dan tidak memberikannya kepada siapapun termasuk kepada staf atau karyawan atau perwakilan dari Perusahaan. Pengguna wajib segera memberitahukan Perusahaan apabila terjadi kebocoran dan/atau penyalahgunaan password/sandi/kata kunci atau lainnya yang setara untuk mengakses akun Pengguna pada Layanan FINMAS, termasuk kebocoran dan/atau penyalahgunaan Informasi Pribadi oleh pihak(-pihak) lain yang tidak bertanggung jawab, hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan oleh pihak(-pihak) lain tersebut atas akun/rekening FINMAS yang dimiliki oleh Pengguna. Perusahaan tidak akan bertanggung jawab atas kerugian apapun yang diderita oleh Pengguna karena kebocoran dan/atau penyalahgunaan password/sandi/kata kunci atau lainnya yang setara akibat kelalaian dari Pengguna.
  1. Penerapan Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme - Pengguna setuju bahwa Perusahaan dapat setiap saat meminta dokumen pendukung tambahan atau Informasi Pribadi kepada Pengguna untuk kebutuhan pemrosesan Layanan FINMAS dan/atau kebutuhan penerapan anti pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme.
  1. Penyimpanan Informasi Pribadi - Pengguna menyetujui bahwa Perusahaan akan menyimpan Informasi Pribadi yang disampaikan atau diberikan oleh Pengguna kepada Perusahaan (i) selama Pengguna terdaftar di Perusahaan dan tidak menutup akunnya atau untuk jangka waktu tertentu yang diperlukan untuk keperluan hukum dan peraturan dan/atau bisnis Perusahaan yang sah; dan/atau (ii) selama 10 tahun sejak penutupan akun oleh Pengguna atau lebih dari 10 tahun apabila dipersyaratkan oleh otoritas berwenang. Perusahaan dapat menyimpan salinan Informasi Pribadi Pengguna untuk tujuan melakukan kewajibannya berdasarkan Kebijakan Privasi ini, sepanjang disyaratkan oleh hukum dan peraturan yang berlaku.

B. Penggunaan dan Tujuan-Tujuan Pengungkapan Informasi Pribadi

  1. Pengguna mengakui, memahami, menerima dan meyetujui bahwa Informasi Pribadi yang diberikan oleh Pengguna dapat digunakan, dikumpulkan, diolah, dianalisa, disimpan, dan diungkapkan oleh Perusahaan, antara lain untuk tujuan-tujuan berikut:

    a. Memproses pendaftaran akun pada Layanan FINMAS atau layanan lainnya yang terkait dengan Layanan FINMAS;

    b. Melakukan penilaian produk dan/atau Layanan FINMAS;

    c. Menghubungi Pengguna sehubungan dengan akun Pengguna pada Layanan FINMAS atau pada situs pihak ketiga lainnya atau terkait informasi-informasi yang dibutuhkan dari waktu ke waktu;

    d. Melakukan profil dan melakukan pemeriksaan latar belakang, penyelidikan, verifikasi identitas atau penilaian kredit dari calon Pengguna;

    e. Melakukan penilaian kelayakan calon Pengguna sebagai Pemberi Pinjaman;

    f. Melakukan penilaian kelayakan calon Pengguna sebagai Penerima Pinjaman;

    g. Melakukan komunikasi dengan calon Pemberi Pinjaman atas hasil proses permohonan menjadi Pemberi Pinjaman;

    h. Melakukan komunikasi dengan calon Penerima Pinjaman atas hasil proses permohonan menjadi Penerima Pinjaman;

    i. Melakukan catatan data panggilan suara;

    j. Melakukan catatan penggunaan data;

    k. Melakukan pengiriman dan penerimaan SMS;

    l. Melakukan pemeliharaan catatan internal;

    m. Memproses pembuatan virtual account untuk Pengguna;

    n. Memproses pembuatan dokumen perjanjian atas Transaksi yang dilakukan melalui Layanan FINMAS;

    o. Mengingatkan Penerima Pinjaman tanggal jatuh tempo pembayaran/pelunasan Pinjaman;

    p. Melakukan proses penagihan kepada Penerima Pinjaman apabila pinjaman belum dilunasi setelah melewati tanggal jatuh tempo;

    q. Mengaktifkan program promosi untuk Layanan FINMAS dan mencatat setiap pelaksanaan promosi tersebut;

    r. Melakukan verifikasi status Pengguna atau status Pinjaman;

    s. Melakukan pengumpulan pembayaran Pinjaman;

    t. Meningkatkan pemulihan pembayaran Pinjaman;

    u. Melakukan verifikasi aset dan liabilitas keuangan termasuk pinjaman dan/atau kewajiban pada lembaga keuangan lainnya;

    v. Menganalisa pengeluaran rutin;

    w. Melakukan catatan pengeluaran retail;

    x. Melakukan deteksi, pemantauan dan pencegahan penipuan atau menginvestigasi kejahatan aktual atau dugaan;

    y. Melakukan penyelidikan yang berkaitan dengan perselisihan, pembayaran, dugaan kegiatan ilegal atau penipuan;

    z. Menganalisis dan mengelola risiko komersial;

    aa. Melakukan penelitian pasar untuk memungkinkan Perusahaan atau afiliasinya untuk memahami dan menentukan lokasi pelanggan, preferensi dan demografi untuk mengembangkan penawaran khusus, produk atau program pemasaran dalam kaitannya dengan produk dan layanan, dan untuk meningkatkan (yaitu disesuaikan penawaran dan produk) produk dan layanan tersebut;

    bb. Melakukan riset pasar, analisis bisnis dan statistik untuk menganalisis perilaku Pengguna (misalnya terkait dengan produk yang tersedia, disediakan, dilihat, dan dicari) untuk meningkatkan dan mengembangkan produk dan layanan yang lebih baik di Layanan FINMAS termasuk menyediakan kecocokan yang lebih baik di antara para Pemberi Pinjaman dan Penerima Pinjaman konsisten dengan prioritas masing-masing;

    cc. Melakukan pengembangan dan peningkatan produk dan sistem;

    dd. Melakukan analisis kepuasan pelanggan;

    ee. Melakukan kegiatan penjualan, pemasaran dan promosi, termasuk untuk fitur atau fungsi baru Layanan FINMAS, tawaran produk dan layanan baru dari mitra baik (termasuk promosi kupon, loyalitas dan program hadiah) melalui sarana elektronik, dan melalui email, pos, telepon, SMS, kunjungan lapangan atau media sosial;

    ff. Mengembangkan, meningkatkan, dan mempertahankan proses dan model penilaian risiko, offline dan online;

    gg. Mengembangkan dan menghasilkan skor kredit, model kredit dan model pengguna;

    hh. Melaksanakan, memantau, mengelola, dan menganalisis bisnis untuk mengembangkan, meningkatkan fitur, fungsi, produk dan pelayanan Layanan FINMAS;

    ii. Memberikan informasi kepada Pengguna dan melakukan komunikasi berkenaan dengan produk dan/atau Layanan FINMAS;

    jj. Menyelesaikan dan menangani setiap permintaan dan pertanyaan Pengguna;

    kk. Memantau atau merekam panggilan telepon dan interaksi yang dihadapi pelanggan untuk jaminan kualitas, pelatihan karyawan dan evaluasi kinerja dan tujuan verifikasi identitas; dan

    ll. Memberikan informasi kepada pihak luar seperti lembaga pemerintah, dan lembaga lain sebagai bagian dari penelitian dan/atau penelitian ilmiah.

 

  1. Ketika Pengguna menggunakan Layanan FINMAS, termasuk ketika Pengguna membuat atau mendaftarkan akun, menggunakan system fizikal atau saluran digital, perangkat lunak, atau aplikasi FINMAS seluler Perusahaan, ketika Pemberi Pinjaman dan Penerima Pinjaman melakukan transaksi, ketika seorang Pengguna menerima pencairan, membayar menggunakan bank, gerbang pembayaran, penyedia pembayaran, atau melalui mitra/agen pengumpul lain, atau ketika Pengguna memanfaatkan fitur lain atau produk Layanan FINMAS dan yang disediakan oleh perusahaan platform lain sehubungan dengan Layanan FINMAS, atau penyedia layanan Perusahaan, tidak kira kalau tersedia sekarang atau sebagaimana dapat dikembangkan dan tersedia di masa depan, Perusahaan dapat mengumpulkan, antara lain, Informasi Pribadi berikut: -
    1. nama lengkap, alamat tetap dan tempat tinggal, nomor kontak, alamat email, tanggal lahir dan/atau usia, jenis kelamin, informasi pekerjaan, perincian rekening bank, kartu kredit dan/atau informasi pekerjaan, perincian rekening bank, kartu kredit dan/atau informasi rekening keuangan, riwayat keuangan dan perincian identifikasi yang dikeluarkan oleh pihak berkuasa;
    2. media social, e-commerce, transportasi, atau detail akun online/seluler lainnya dan informasi lain yang dari identitas Pengguna mungkin tidak jelas atau yang mungkin tidak secara wajar dan langsung mengidentifikasi Pengguna, seperti tetapi tidak terbatas pada, catatan dari kunjungan pengguna dan informasi yang dikirimkan saat menggunakan Layanan FINMAS;
    3. informasi dari pihak ketiga termasuk informasi yang diperoleh, atas otorisasi Pengguna, dari pihak ketiga mana pun termasuk pihak majikan dan/atau sumber pihak ketiga lainnya yang menyimpan informasi tentang catatan keuangan, transaksi, atau pembayaran Pengguna, dan transaksi historis yang dilakukan Pengguna atau atas nama Pengguna;
    4. trafik, penggunaan, perangkat, lokasi, perjalanan, GPS, IMEI dan informasi lainnya yang dihasilkan, dikumpulkan, disimpan atau ditemukan di perangkat Pengguna, media akses, portal, atau media akses lainnya ke Layanan FINMAS, dan/atau;
    5. data anonim, teknis, jaringan, dan interaksi yang dihasilkan atau tersedia di perangkat atau media akses lainnya yang digunakan untuk mengakses atau memanfaatkan Layanan FINMAS.

Informasi di atas akan diperoleh (dari Pengguna atau atas nama Pengguna dari sumber lain) setelah pendaftaran Pengguna di Layanan FINMAS termasuk ketika Pengguna membuat atau mendaftarkan akun, menggunakan sistem registrasi atau saluran digital, perangkat lunak, atau aplikasi FINMAS, melakukan transaksi, atau pada saat Pengguna memanfaatkan fitur, produk dan layanan dari atau sehubungan dengan Layanan FINMAS dan informasi tersebut akan dikumpulkan, digunakan, diproses, diungkapkan, disimpan, dan dilindungi oleh Perusahaan sesuai dengan Kebijakan Privasi ini dan Ketentuan FINMAS.

  1. Sehubungan dengan pengungkapan Informasi Pribadi oleh Perusahaan sebagaimana dimaksud pada bagian B ayat 1 di atas, Perusahaan dapat mengungkapkan, menampilkan, mengirimkan dan memberikan Informasi Pribadi dan informasi lain yang terkait dengan Pengguna kepada pihak-pihak lain sehubungan dengan keperluan penyelenggaraan Layanan FINMAS yang antara lain termasuk:
    1. Direktorat Jendral Kependudukan dan Pencatatan Sipil (“Dukcapil”), Lembaga Negara yang memiliki pusat data kependudukan, atau pihak penyelenggara lainnya yang memiliki koneksi resmi ke Dukcapil atau Lembaga Negara untuk tujuan verifikasi keabsahan identitas Pengguna. Informasi Pribadi milik Pengguna dapat disimpan selamanya oleh Dukcapil atau Lembaga Negara, atau mengikuti ketentuan internal Dukcapil atau Lembaga Negara tersebut.
    2. Pihak penyelenggara Tanda Tangan Digital untuk kebutuhan pembuatan Tanda Tangan Elektronik yang dalam prosesnya dapat meliputi verifikasi keabsahan Pengguna dan pembuatan akun Tanda Tangan Elektronik pada penyelenggara Tanda Tangan Digital. Informasi Pribadi milik Pengguna akan tetap disimpan oleh penyelenggara Tanda Tangan Elektronik selama akun Pengguna pada penyelenggara Tanda Tangan Elektronik tidak ditutup.
    3. Pihak penyelenggara atau biro informasi kredit atau agen penilaian kredit terakreditasi atau berlesen untuk mendapatkan informasi mengenai status kolektibilitas, riwayat kredit dan informasi keuangan lainnya sehingga Perusahaan dapat menilai kelayakan (i) calon Pemberi Pinjaman, atau (ii) permohonan Pinjaman oleh calon Penerima Pinjaman. Informasi Pribadi milik Pengguna akan disimpan oleh pihak penyelenggara informasi kredit selama berlakunya kerjasama antara Perusahaan dengan pihak penyelenggara informasi tersebut.
    4. Mitra penagihan eksternal yang menjalin kerjasama dengan Perusahaan (apabila ada) yang mana dalam hal ini (i) pemberian Informasi Pribadi hanya akan dilakukan pada saat Penerima Pinjaman belum melunasi Pinjaman setelah melewati batas jatuh tempo; dan (ii) Informasi Pribadi yang diberikan oleh Perusahaan hanya sebatas yang diperlukan untuk kegiatan penagihan saja sesuai ketentuan pedoman perilaku industri Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi yang berlaku. Informasi Pribadi milik Penerima Pinjaman akan disimpan oleh mitra penagihan eksternal selama berlakunya jangka waktu penunjukan tugas penagihan oleh Perusahaan.
    5. Mitra asuransi jiwa, mitra asuransi kredit atau mitra penyelenggara penjaminan untuk kebutuhan mitigasi risiko kredit bagi Pemberi Pinjaman dan mitra asuransi perlindungan barang atau kerusakan barang bagi Pengguna. Informasi Pribadi milik Pengguna akan disimpan selama proses internal yang dilakukan oleh mitra asuransi kredit, mitra asuransi perlindungan barang atau mitra penyelenggara penjaminan berlangsung atau sesuai kebijakan masing-masing pihak tersebut dan untuk tujuan tersebut Pengguna bersedia memberikan informasi dan data pribadi dalam format terpisah (sebagaimana relevan).
    6. Pemberi Pinjaman untuk keperluan permohonan pendanaan terhadap Pinjaman dan apabila Penerima Pinjaman tidak melunasi Pinjaman setelah melewati 90 (sembilan puluh) hari setelah tanggal jatuh tempo. Informasi Pribadi milik Penerima Pinjaman akan disimpan oleh Pemberi Pinjaman untuk kebutuhan penagihan oleh Pemberi Pinjaman kepada Penerima Pinjaman.
    7. Otoritas pengawas Perusahaan sehubungan dengan penyelenggaraan Layanan FINMAS yaitu OJK untuk keperluan investigasi permasalahaan Pengguna atas penggunaan Layanan FINMAS oleh Pengguna, pelaporan kegagalan Pembayaran oleh Penerima Pinjaman atau untuk hal-hal lain sesuai permintaan OJK secara tertulis kepada Perusahaan. Informasi Pribadi milik Pengguna akan disimpan oleh pihak OJK dalam jangka waktu yang ditentukan menurut kebijakan OJK.
    8. Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa (“LAPS”) apabila Perusahaan dan Pengguna sepakat untuk menyelesaikan sengketa melalui LAPS apabila pihak Perusahaan dan pihak Pengguna tidak mendapat suatu kesepakatan atas hasil tindak lanjut penanganan permasalahan Pengguna oleh Perusahaan. Informasi Pribadi milik Pengguna akan disimpan dan dimanfaatkan oleh LAPS untuk kebutuhan penyelesaian sengketa selama proses penyelesaian sengketa berlangsung.
    9. Pihak asosiasi yang ditunjuk secara resmi oleh OJK dan mewakili OJK untuk kebutuhan pengumpulan informasi untuk pusat data Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi. Penyimpanan dan pemanfaatan Informasi Pribadi milik Pengguna oleh asosiasi tersebut termasuk jangka waktu penyimpanan dan mekanisme pemanfaatannya mengikuti ketentuan dan arahan dari OJK sepenuhnya.
    10. Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (“PPATK”) apabila Perusahaan mengidentifikasi adanya transaksi keuangan mencurigakan sebagaimana diatur pada ketentuan regulasi dan undang-undang mengenai pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme. Informasi Pribadi milik Pengguna akan disimpan oleh PPATK dalam jangka waktu yang ditentukan sepenuhnya oleh PPATK.
    11. Otoritas penegak hukum di Republik Indonesia antara lain Kepolisian Negara Republik Indonesia, Komisi Pemberantasan Korupsi (“KPK”), Pengadilan, dan lain sebagainya (secara keseluruhan disebut “Otoritas Penegak Hukum”) untuk keperluan apapun terkait penegakan hukum yang diduga melibatkan Pengguna (antara lain namun tidak terbatas pada kasus pelanggaran hukum, kejahatan, pencucian uang, pendanaan terorisme, korupsi) yang dalam hal ini wajib diminta secara resmi dan tertulis oleh otoritas yang terkait tersebut. Informasi Pribadi milik Pengguna akan disimpan oleh Otoritas Penegak Hukum yang bersangkutan dalam jangka waktu yang ditentukan sepenuhnya oleh Otoritas Penegak Hukum tersebut.
    12. Direktorat Jenderal Pajak Republik Indonesia (“DJP”) untuk pemenuhan kewajiban pelaporan informasi bagi Perusahaan sesuai ketentuan regulasi perpajakan yang berlaku antara lain peraturan mengenai pertukaran otomatis informasi perpajakan (automatic exchange of information). Informasi Pribadi milik Pengguna akan disimpan oleh DJP dalam jangka waktu yang ditentukan sepenuhnya oleh DJP.

Secara umum, Informasi Pribadi Pengguna dapat diungkapkan kepada pihak-pihak berikut:

  1. afiliasi dan anak perusahaan, agen (termasuk agen penagihan), dan subkontraktor;

  2. pihak ketiga (misalnya mitra asuransi (termasuk mitra asuransi perlindungan barang), platform agregator, gerbang pembayaran, penyedia pembayaran, agen penagihan, dan bank) yang terlibat, digunakan, atau diberi wewenang oleh Pemberi Pinjaman atau Penerima Pinjaman untuk memberikan dukungan atau layanan apa pun sehubungan dengan transaksi yang diselesaikan oleh Pemberi Pinjaman dan Penerima Pinjaman;

  3. kepada pihak ketiga yang akan membeli atau mengambil Pinjaman apa pun;

  4. mitra bisnis, investor, penerima hak atau penerima transfer (aktual atau prospektif) untuk memfasilitasi transaksi aset bisnis (yang dapat meluas ke merger, akuisisi atau penjualan aset, atau pembiayaan) yang melibatkan semua atau sebagian dari bisnis Perusahaan dan perusahaan afiliasinya;

  5. agen pengumpulan dan kepemilikan kembali dan/atau agensi sehubungan dengan penegakan kewajiban pembayaran kembali untuk Pinjaman atau hutang lainnya;

  6. pemerintah, badan pengatur, dan lembaga pencegahan penipuan untuk tujuan mengidentifikasi, mencegah, mendeteksi atau menangani penipuan, pencucian uang, atau kejahatan lainnya, dan/atau untuk tujuan hukum lainnya;

  7. entitas lain sebagaimana diharuskan oleh hukum atau ketika Perusahaan percaya bahwa pembebasan sesuai untuk mematuhi hukum, menegakkan, atau untuk menerapkan hak-hak Perusahaan, atau untuk melindungi hak dan keselamatan aset Perusahaan. Ini termasuk petukaran informasi dengan perusahaan lain, organisasi atau badan pengatur untuk perlindungan penipuan;

  8. untuk jaminan kepentingan publik; dan

  9. untuk tujuan yang diidentifikasi di sini dan dengan cara yang ditetapkan dalam Kebijakan Privasi ini.

 

  1. Perusahaan dapat memanfaatkan Informasi Pribadi untuk diungkapkan kepada pihak-pihak yang sewaktu-waktu ditunjuk dan/atau dipekerjakan oleh Perusahaan termasuk namun tidak terbatas pada, afiliasi, sub-kontraktor dari Perusahaan, organisasi / perusahaan yang ditunjuk oleh Perusahaan, dan pihak-pihak lain yang dianggap perlu oleh Perusahaan (“Pihak Ketiga”) untuk keperluan atau sehubungan dengan penyelenggaraan dan pengoperasian Layanan FINMAS untuk Pengguna termasuk namun tidak terbatas pada keperluan pemeliharaan sistem informasi Layanan FINMAS dan investigasi untuk penyelesaian permasalahan Pengguna. Perusahaan dengan upaya terbaiknya akan memastikan Pihak Ketiga tersebut melindungi Informasi Pribadi sebagaimana dilakukan oleh Perusahaan.
  1. Dengan mengunduh dan menggunakan aplikasi FINMAS, Pengguna dengan ini secara tegas memberikan persetujuan dan otorisasi dan dianggap membuat pernyataan berikut:

    Dengan mengunduh aplikasi FINMAS, saya dengan ini memberikan persetujuan untuk pengumpulan dan pemrosesan Informasi Pribadi saya untuk tujuan bisnis yang sah, termasuk tetapi tidak terbatas pada menentukan skor kredit saya dan memberikan pinjaman. Saya dengan ini menyatakan bahwa semua informasi yang saya berikan adalah benar dan benar sesuai dengan pengetahuan saya, dan bahwa setiap kesalahan penyajian atau kepalsuan di dalamnya akan dianggap sebagai tindakan untuk menipu pihak penyelenggara Layanan FINMAS, mitra dan afiliasinya. Saya memberi wewenang kepada pihak penyelenggara Layanan FINMAS untuk memverifikasi dan menyelidiki informasi yang diberikan oleh saya sebagaimana diperlukan, dari referensi yang diberikan dan sumber lainnya. Untuk tujuan ini, saya dengan ini melepaskan hak saya pada kerahasiaan informasi dan secara tegas menyetujui pemrosesan Informasi Pribadi dan catatan yang berkaitan dengan saya yang mungkin diperoleh dari Pihak Ketiga, termasuk pemerintah, biro kredit, biro bisnis, rekan bisnis dan entitas lain yang dianggap pantas dan memadai dan, sesuai untuk tujuan menentukan kelayakan saya untuk Pinjaman yang saya ajukan. Saya selanjutnya setuju bahwa aplikasi untuk Pinjaman dan semua dokumen pendukung dan informasi lain apa pun yang diperoleh relatif terhadap aplikasi harus digunakan oleh dan dikomunikasikan kepada pihak penyelenggara Layanan FINMAS, dan akan tetap menjadi miliknya terlepas dari apakah skor kredit saya ditentukan atau tidak, atau Pinjaman diberikan. Saya secara tegas dan tanpa syarat memberikan wewenang kepada pihak penyelenggara untuk mengungkapkan kepada Pihak Ketiga atau afiliasi dan lembaga keuangan lainnya informasi apa pun mengenai saya termasuk penanganannya kepada badan anti pencucian uang, biro kredit dan/atau badan pemerintahan lainnya. Saya dengan ini mengakui dan memberi wewenang untuk pengungkapan data kredit dasar saya serta setiap pembaruan terhadapnya kepada pemberi pinjaman dan agen penilaian kredit terakreditasi atau berlesen”.

    Jika Pengguna tidak lagi ingin kami membagikan Informasi Pribadi Pengguna dengan orang tersebut atau ingin mengubah preferensi Pengguna dalam hal ini, mohon informasikan kepada Layanan FINMAS (cs@finmas.co.id) secara tertulis.

C. Perlindungan Informasi Pribadi

Sehubungan dengan perlindungan Informasi Pribadi oleh Perusahaan: (i) Perusahaan mengadopsi langkah-langkah keamanan untuk melindungi terhadap akses yang tidak sah, perubahan, pengungkapan atau perusakan Informasi Pribadi Pengguna, yang tersimpan pada Layanan FINMAS; (ii) Perusahaan tidak akan memberikan, menjual atau menukar Informasi Pribadi baik secara komersil maupun non-komersil kepada pihak-pihak lain selain pihak-pihak sebagaimana tertera pada bagian B dalam Kebijakan Privasi (Privacy Policy) FINMAS ini; dan (iii) Perusahaan akan segera memberitahukan kepada Pengguna secara tertulis dalam waktu 5 (lima) hari kerja sejak Perusahaan mengetahui adanya kegagalan perlindungan Informasi Pribadi Pengguna.

Keamanan Informasi Pribadi – Perusahaan menghargai Informasi Pribadi yang dikumpulkan, digunakan dan disimpan, dan akan memastikan bahwa data tersebut dilindungi dari kemungkinan ancaman apapun, baik online maupun offline. Perusahaan akan mengupayakan memiliki langkah-langkah teknis, untuk melindungi Informasi Pribadi Pengguna, serta untuk mencegah akses yang tidak sah atau pengungkapan Informasi Pribadi yang tidak dilakukan secara tidak sah atau bertentangan dengan hukum yang berlaku. Perusahaan akan berupaya untuk mengambil langkah-langkah yang wajar untuk melindungi Informasi Pribadi Pengguna dari akses yang tidak sah atau terhadap kehilangan, penyalahgunaan, atau perubahan Informasi Pribadi oleh pihak ketiga. Meskipun Perusahaan melakukan upaya dengan itikad baik untuk menjaga keamanan Informasi Pribadi Pengguna pada Layanan FINMAS, namun Perusahaan tidak dapat menjamin keamanan secara mutlak terhadap Informasi Pribadi yang disimpan dalam sistem Layanan FINMAS tersebut. Lebih lanjut, Perusahaan berusaha untuk memastikan integritas dan keamanan jaringan dan sistem pada Layanan FINMAS, namun Perusahaan tidak dapat menjamin bahwa langkah-langkah menjaga keamanan dapat mencegah "peretas" pihak ketiga untuk masuk secara ilegal dan mendapatkan akses ke Informasi Pribadi Pengguna tersebut.

Pengkinian (update) Informadi Pribadi - Pengguna dapat melakukan pengkinian, mengubah, menambahkan atau merevisi Informasi Pribadi yang terdaftar di dalam basis data Layanan FINMAS dari waktu ke waktu.

Untuk setiap pertanyaan, masalah, atau klarifikasi tentang Kebijakan Privasi ini, Perusahaan dapat dihubungi melalui sistem dukungan pelanggan di cs@finmas.co.id.

D. Kontak Darurat (Emergency Contact) Pengguna:

Pengguna dapat memberikan Informasi Pribadi dari para kontak darurat yang diinformasikan oleh Pengguna pada saat melakukan pendaftaran pada Layanan FINMAS. Perusahaan dapat menghubungi kontak darurat Anda untuk meminta informasi tambahan tentang Pengguna Layanan FINMAS dan untuk melakukan verifikasi atas setiap informasi yang diberikan oleh Pengguna pada Layanan FINMAS. Dalam hal Perusahaan tidak dapat menghubungi Pengguna, maka Pengguna mengerti, memahami dan menyetujui bahwa Perusahaan dapat menghubungi atau mengakses informasi kontak darurat Pengguna.

Pernyataan Untuk Pengguna berkenaan Orang Referensi, Kontak Pihak Terkait dan Kontak Pihak Ketiga:

Jika Pengguna memberikan informasi tentang kontak darurat, Pengguna memahami, menerima, dan menyetujui secara tegas dan tanpa syarat untuk berbagi dan pengungkapan informasi apa pun yang berkaitan dengan Pengguna (termasuk Informasi Pribadi dan/atau informasi pribadi yang sensitif), ke kontak darurat Pengguna untuk tujuan:-

(a) memverifikasi setiap atau semua informasi tentang Pengguna sebelum, selama dan setelah aplikasi, persetujuan, dan pengakhiran perjanjian pinjaman;

(b) menanyakan tentang, meminta, memastikan atau menentukan keberadaan, informasi kontak, status keuangan, dan informasi lain yang berkaitan dengan Pengguna (termasuk membuat pertanyaan seperti sebagai bagian dari proses penagihan pinjaman); dan

(c) penyelidikan atas penipuan, pencurian, atau investigasi lain yang terkait dengan dugaan atau tindakan kriminal atau kegiatan nyata, dalam setiap kasus untuk tujuan peninjauan, pemrosesan, persetujuan, administrasi, pengumpulan, pelayanan, penjualan, pemindahan, perubahan, atau semacamnya hal-hal lain sehubungan dengan pinjaman yang ada atau yang akan datang, yang harus dilaksanakan, sesuai dengan hukum atau peraturan yang berlaku.

E. Kewajiban pengguna

Dalam hal:

• Pengguna gagal memberikan Informasi Pribadi atau informasi apapun, yang diminta secara wajar oleh Perusahaan dan tidak bertentangan dengan Hukum yang berlaku;

• Pengguna menahan atau menarik persetujuan apa pun yang mungkin Perusahaan perlukan untuk memproses, mentransfer, atau mengungkapkan Informasi Pribadi untuk tujuan penggunaan yang diungkapkan di atas dalam Kebijakan Privasi ini (kecuali untuk tujuan yang terkait dengan pemasaran atau mempromosikan produk dan layanan kepada Pengguna); dan/atau

• Perusahaan atau afiliasinya memiliki kecurigaan, kejahatan keuangan atau hal-hal terkait lainnya, maka Perusahaan:

• dapat menghentikan atau menunda Layanan FINMAS kepada Pengguna dan berhak untuk mengakhiri hubungan kerjasama Perusahaan dengan Pengguna;

• mengambil tindakan yang diperlukan bagi Perusahaan untuk memenuhi kewajiban kepatuhan atau peraturan; dan/atau

• menangguhkan atau menutup akun FINMAS Pengguna jika diizinkan oleh undang-undang setempat.

F. Perubahan pada Kebijakan Privasi

Perusahaan berhak untuk mengubah Kebijakan Privasi ini dari waktu ke waktu, setelah melakukan pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna, dan apabila Pengguna terus menggunakan Layanan FINMAS dari waktu ke waktu, maka Pengguna dengan ini mengerti, memahami dan menyetujui untuk tunduk dan terikat pada Kebijakan Privasi tersebut. Jika Kebijakan Privasi ini diubah, perubahan-perubahan tersebut akan diposting pada Layanan FINMAS. Perubahan akan efektif saat diposting. Pengguna yang memanfaatkan Layanan FINMAS atau pengunjung Layanan FINMAS disarankan untuk memeriksa situs web FINMAS dan/atau aplikasi FINMAS secara teratur untuk tetap mengetahui kebijakan dan praktik bagaimana informasi dikumpulkan dan digunakan.

Jika perubahan signifikan pada Kebijakan Privasi ini akan memengaruhi Informasi Pribadi tertentu, Perusahaan akan memberi tahu Penggunanya melalui alamat email yang diberikan atau dengan memposting pemberitahuan publik pada aplikasi dan/atau situs web FINMAS.

Versi Kebijakan Privasi ini diperbarui pada 19 Desember 2019

Persetujuan Anda terhadap Kebijakan Privasi ini

Pengguna dengan ini membebaskan dan/atau melepaskan Perusahaan dari segala tuntutan, klaim dan/atau gugatan yang timbul sehubungan dengan, namun tidak terbatas pada: (i) pemberian akses, perolehan, pengumpulan, pengolahan, penggunaan, penganalisisan, dan/atau pendistribusian, pengungkapan, penampilan, pengiriman, dan penyebarluasan Informasi Pribadi Pengguna, (ii) informasi yang tidak tepat dan akurat yang diberikan oleh Pengguna kepada Perusahaan, (iii) tidak dilakukannya pengkinian data (update) atas perubahan data yang digunakan untuk pendaftaran Layanan FINMAS oleh Pengguna, dan/atau (iv) Pengguna memberikan password/sandi/kata kunci kepada pihak ketiga ataupun, termasuk kepada staf atau perwakilan dari Perusahaan. Jika Pengguna tidak setuju dengan kebijakan ini, Pengguna dapat memilih untuk tidak menggunakan Layanan FINMAS. Jika Pengguna memiliki pertanyaan dapat silakan langsung menghubungi Perusahaan.

Dengan membaca Kebijakan Privasi FINMAS, Anda menyatakan persetujuan ada secara tegas dan tanpa terkecuali terhadap Kebijakan Privasi FINMAS ini.

PERHATIAN