FAQ FINMAS - Sahabat Finansial Indonesia

INFORMASI UMUM TERKAIT KEJADIAN LUAR BIASA WABAH VIRUS COVID-19

  • - Bagaimana posisi FINMAS sebagai penyelenggara Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi ("LPMUBTI") dalam kondisi wabah Covid-19 ini?
    Perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut:
    1. FINMAS adalah penyelenggara layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi (“LPMUBTI”) yang berizin di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan anggota dari Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) yang wajib mematuhi seluruh arahan, ketentuan dan kode etik yang dikeluarkan oleh AFPI.
    2. FINMAS adalah platform online yang menghubungkan pemberi pinjaman dengan penerima pinjaman, sehingga dalam hal ini FINMAS bukan termasuk perbankan maupun perusahaan pembiayaan.
  • - Apakah arahan dari Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia ("AFPI") atau OJK terkait penyelenggaraan Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi ("LPMUBTI") dalam kejadian wabah Covid-19 yang saat ini sedang berlangsung?
    FINMAS sebagai penyelenggara LPMUBTI dan juga sebagai anggota AFPI telah menerima arahan dari AFPI yang mana arahan tersebut telah dikoordinasikan dengan pihak OJK, sebagai berikut:
    1. Transaksi LPMUBTI atau dikenal dengan transaksi pinjaman online merupakan perikatan keperdataan Pinjam Meminjam yang melibatkan pihak Pemberi pinjaman sebagai Kreditur dan pihak Penerima pinjaman sebagai Debitur.
    2. Perusahaan fintech P2PL yang menjadi anggota AFPI dan terdaftar berizin di OJK adalah bagian dari industri lembaga jasa keuangan Non-Bank menyediakan LPMUBTI melalui platform secara online (pinjaman online) yang mempertemukan pihak Penerima pinjaman dan Pemberi pinjaman.
    3. Pemberi pinjaman dan Penerima pinjaman adalah masyarakat (publik) atau badan hukum di luar perusahaan Fintech P2PL yang bertindak sebagai Pengguna platform online Fintech P2PL dan melakukan transaksi LPMUBTI.
    4. Perusahaan fintech P2PL dalam menjalankan usahanya TIDAK bertindak sebagai pihak Pemberi Pinjaman sebagaimana di industri Perbankan atau Pembiayaan sehingga perusahaan fintech P2PL TIDAK memiliki kewenangan untuk melakukan restrukturisasi pinjaman TANPA persetujuan dari pihak Pemberi pinjaman.
    5. Namun demikian, perusahaan fintech P2PL dapat memfasilitasi permintaan pengajuan restrukturisasi pinjaman usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang terdampak akibat wabah Covid-19 kepada Pemberi pinjaman melalui mekanisme dan analisis kelayakan pada masing-masing perusahaan fintech P2PL dan keputusan persetujuan atau tidaknya permintaan restrukturisasi pinjaman adalah di pihak Pemberi pinjaman.
    6. Dalam hal mendukung kebijakan pemerintah terkait restrukturisasi pinjaman akibat dampak wabah Covid-19, maka AFPI menghimbau kepada anggota AFPI untuk ikut berpartisipasi secara aktif membantu dan meringankan masyarakat pengguna platfom fintech P2PL yang mengalami kerugian atas dampak wabah Covid-19.
  • - Bagaimana dapat mengetahui informasi lebih lanjut mengenai arahan dari AFPI tersebut?

    Silakan mengunjungi website AFPI di www.afpi.or.id; atau kunjungi https://afpi.or.id/detailsnews/pernyataan-afpi-terkait-dengan-restrukturisasi-pinjaman-usaha-mikro-kecil-menengah-umkm-di-lingkungan-perbankan-dan-industri-jasa-keuangan-non-bank-dan-sehubungan-pertanyaan-terkait-dengan-pinjaman-online-di-industri-lpmubti.

    Segala pertanyaan mengenai arahan dari AFPI dapat ditujukan secara langsung ke sekretariat AFPI sebagai perwakilan resmi dari seluruh penyelenggara LPMUBTI dan asosiasi yang ditunjuk secara resmi oleh Otoritas Jasa Keuangan dalam industry LPMUBTI.

  • - Apakah ada perubahan status pinjaman dari penerima pinjaman sehubungan dengan adanya wabah Covid-19 ini?
    1. Tidak ada perubahan pada skema (bunga dan biaya) dan tenor pinjaman yang sedang berlangsung.
    2. Penerima pinjaman tetap wajib melunasi pinjamannya sesuai dengan perjanjian pinjam-meminjam yang telah disepakati sebelumnya.
    3. Permohonan atas keringanan atau restrukturisasi oleh penerima pinjaman adalah mutlak berdasarkan kebijaksanaan FINMAS dan berdasarkan persetujuan pemberi pinjaman.
  • - Apakah ada perubahan operasional layanan customer service terkait dengan adanya wabah Covid-19?
    1. Layanan Customer Service hanya melayani melalui email cs@finmas.co.id
    2. Penyesuaian jam operasional Customer Service mulai pukul 08:00-20:00
    3. Layanan call centre (021) 50999988 untuk sementara tidak beroperasi
  • - Apakah arahan dari Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia ("AFPI") atau OJK terkait penyelenggaraan Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi ("LPMUBTI") dalam kejadian wabah Covid-19 yang saat ini sedang berlangsung?
    FINMAS sebagai penyelenggara LPMUBTI dan juga sebagai anggota AFPI telah menerima arahan dari AFPI yang mana arahan tersebut telah dikoordinasikan dengan pihak OJK, sebagai berikut:
    1. Transaksi LPMUBTI atau dikenal dengan transaksi pinjaman online merupakan perikatan keperdataan Pinjam Meminjam yang melibatkan pihak Pemberi pinjaman sebagai Kreditur dan pihak Penerima pinjaman sebagai Debitur.
    2. Perusahaan fintech P2PL yang menjadi anggota AFPI dan terdaftar berizin di OJK adalah bagian dari industri lembaga jasa keuangan Non-Bank menyediakan LPMUBTI melalui platform secara online (pinjaman online) yang mempertemukan pihak Penerima pinjaman dan Pemberi pinjaman.
    3. Pemberi pinjaman dan Penerima pinjaman adalah masyarakat (publik) atau badan hukum di luar perusahaan Fintech P2PL yang bertindak sebagai Pengguna platform online Fintech P2PL dan melakukan transaksi LPMUBTI.
    4. Perusahaan fintech P2PL dalam menjalankan usahanya TIDAK bertindak sebagai pihak Pemberi Pinjaman sebagaimana di industri Perbankan atau Pembiayaan sehingga perusahaan fintech P2PL TIDAK memiliki kewenangan untuk melakukan restrukturisasi pinjaman TANPA persetujuan dari pihak Pemberi pinjaman.
    5. Namun demikian, perusahaan fintech P2PL dapat memfasilitasi permintaan pengajuan restrukturisasi pinjaman usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang terdampak akibat wabah Covid-19 kepada Pemberi pinjaman melalui mekanisme dan analisis kelayakan pada masing-masing perusahaan fintech P2PL dan keputusan persetujuan atau tidaknya permintaan restrukturisasi pinjaman adalah di pihak Pemberi pinjaman.
    6. Dalam hal mendukung kebijakan pemerintah terkait restrukturisasi pinjaman akibat dampak wabah Covid-19, maka AFPI menghimbau kepada anggota AFPI untuk ikut berpartisipasi secara aktif membantu dan meringankan masyarakat pengguna platfom fintech P2PL yang mengalami kerugian atas dampak wabah Covid-19.
  • - Apakah ada perubahan status pinjaman dari penerima pinjaman sehubungan dengan adanya wabah Covid-19 ini?
    1. Tidak ada perubahan pada skema (bunga dan biaya) dan tenor pinjaman yang sedang berlangsung.
    2. Penerima pinjaman tetap wajib melunasi pinjamannya sesuai dengan perjanjian pinjam-meminjam yang telah disepakati sebelumnya.
    3. Permohonan atas keringanan atau restrukturisasi oleh penerima pinjaman adalah mutlak berdasarkan kebijaksanaan FINMAS dan berdasarkan persetujuan pemberi pinjaman.

FAQ

I. UMUM

  • 1.1. Apakah FINMAS itu?

    FINMAS adalah nama atau merek platform dan aplikasi yang diterbitkan oleh PT Oriente Mas Sejahtera sebagai penyelenggara layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi yang telah mendapatkan izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (KEP-85/D.05/2019)

  • 1.2. Siapa saja yang dapat menggunakan FINMAS?

    Seluruh warga negara Indonesia yang berusia minimal 21 tahun, bekerja atau memiliki pendapatan tetap, dan memiliki KTP dapat mengajukan permohonan sebagai penerima pinjaman. Seluruh institusi atau badan hukum asing maupun Indonesia, WNI atau WNA dapat mengajukan permohonan sebagai pemberi pinjaman. Persetujuan untuk menjadi penerima pinjaman atau pemberi pinjaman sepenuhnya mengikuti kebijakan dari PT Oriente Mas Sejahtera.

  • 1.3. Berapa lama pinjaman yang tersedia di FINMAS?

    Anda dapat memilih tenor pinjaman yang tersedia pada aplikasi atau website FINMAS beserta dengan informasi ketentuan pembayaran yang berlaku.

  • 1.4. Apakah data pribadi yang saya isikan akan dijamin kerahasiaannya?

    Keamanan dan kerahasiaan Anda sangat penting bagi kami. Prioritas FINMAS adalah untuk memberikan tingkat keamanan yang tinggi dan memberi kepercayaan kepada Anda bahwa penggunaan dan pemanfaatan informasi Anda hanya akan digunakan oleh FINMAS untuk keperluan verifikasi sebagai calon pemberi pinjaman atau calon penerima pinjaman serta untuk keperluan pemrosesan permohonan pinjaman sebagaimana dimaksud secara rinci pada Kebijakan Privasi FINMAS.

  • 1.5. Apakah ada program pinjaman khusus yang diberikan oleh FINMAS?

    Ya, program pinjaman khusus dapat disediakan oleh FINMAS sewaktu-waktu, dan bergantung pada rekanan resmi yang bekerjasama dengan FINMAS.

  • 1.6. Apakah program pinjaman khusus dapat diikuti oleh semua orang?

    Tidak, program pinjaman khusus disediakan secara khusus bagi calon penerima pinjaman atau calon pemberi pinjaman yang telah memenuhi prasyarat dari FINMAS dan rekanan FINMAS.

  • 1.2. Siapa saja yang dapat menggunakan FINMAS?

    Seluruh warga negara Indonesia yang berusia minimal 21 tahun, bekerja atau memiliki pendapatan tetap, dan memiliki KTP dapat mengajukan permohonan sebagai penerima pinjaman. Seluruh institusi atau badan hukum asing maupun Indonesia, WNI atau WNA dapat mengajukan permohonan sebagai pemberi pinjaman. Persetujuan untuk menjadi penerima pinjaman atau pemberi pinjaman sepenuhnya mengikuti kebijakan dari PT Oriente Mas Sejahtera.

  • 1.4. Apakah data pribadi yang saya isikan akan dijamin kerahasiaannya?

    Keamanan dan kerahasiaan Anda sangat penting bagi kami. Prioritas FINMAS adalah untuk memberikan tingkat keamanan yang tinggi dan memberi kepercayaan kepada Anda bahwa penggunaan dan pemanfaatan informasi Anda hanya akan digunakan oleh FINMAS untuk keperluan verifikasi sebagai calon pemberi pinjaman atau calon penerima pinjaman serta untuk keperluan pemrosesan permohonan pinjaman sebagaimana dimaksud secara rinci pada Kebijakan Privasi FINMAS.

  • 1.6. Apakah program pinjaman khusus dapat diikuti oleh semua orang?

    Tidak, program pinjaman khusus disediakan secara khusus bagi calon penerima pinjaman atau calon pemberi pinjaman yang telah memenuhi prasyarat dari FINMAS dan rekanan FINMAS.

II. Penerima Pinjaman

  • 2.1. Bagaimana cara saya dapat mengajukan pinjaman di FINMAS?

    1. Anda, calon penerima pinjaman dapat mengunduh aplikasi FINMAS di smartphone ATAU mendatangi mitra retail FINMAS dan meminta bantuan untuk mendaftar sebagai penerima pinjaman dengan sales officer FINMAS.

    2. Anda, calon penerima pinjaman harus membaca, memahami dan menyetujui ketentuan layanan FINMAS dan kebijakan privasi FINMAS.

    3. Anda, calon penerima pinjaman dapat memilih skema pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan Anda melalui aplikasi FINMAS.

    4. Anda, calon penerima pinjaman harus mengisi dan melengkapi dokumen dan data pribadi antara lain KTP, foto diri, informasi kontak darurat, informasi pekerjaan, informasi rekening bank.

    5. Anda, calon penerima pinjaman harus membaca dan memahami dengan baik ketentuan perjanjian pinjam-meminjam sebelum menyetujui perjanjian pinjam meminjam tersebut.

    6. Anda, calon penerima pinjaman harus menunggu hasil verifikasi dari FINMAS untuk terdaftar sebagai penerima pinjaman.

    7. Anda, calon penerima pinjaman akan menerima pemberitahuan dari FINMAS mengenai hasil proses verifikasi atas pengajuan pinjaman.

    8. Apabila pinjamannya disetujui, Anda wajib menyetujui perjanjian pinjam-meminjam.

    9. Setelah Anda berhasil menerima dana, FINMAS akan mengirimkan salinan perjanjian pinjam-meminjam secara elektronik ke alamat email Anda yang terdaftar. Perjanjian pinjam-meminjam tersebut setiap saat dapat di akses oleh Anda melalui aplikasi atau platform FINMAS.

  • 2.2. Apa saja persyaratan saya dalam mengajukan pinjaman di FINMAS?

    Dokumen yang wajib disampaikan kepada FINMAS adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP), namun jika diperlukan bergantung pada jenis produk yang dipilih, FINMAS dapat mengajukan pertanyaan dan meminta dokumen pendukung lainnya, antara lain sebagai berikut:

    1. Informasi pribadi, informasi kontak darurat dan informasi pekerjaan.

    2. Slip gaji atau bukti kepegawaian.

    3. Rekening bank. 

    4. Surat Izin Mengemudi (SIM).

    5. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

    6. Asuransi Kepegawaian.

    7. Kartu Kredit.

    8. Kartu Debit.

  • 2.3. Seberapa cepat pengajuan pinjaman saya akan diproses di FINMAS?

    Keseluruhan proses pengajuan pinjaman hingga persetujuan dan dana diterima di rekening bank penerima pinjaman paling cepat akan berlangsung sekitar 3 (tiga) hari kerja. Waktu proses dapat berubah-ubah sesuai dengan kelengkapan dan seberapa akurat data dan informasi Anda, serta jenis produk yang dipilih oleh Anda. Sahabat FINMAS akan memberitahu Anda via email dan SMS saat pengajuan pinjaman telah disetujui dan diberikan.

  • 2.4. Bagaimana saya mendapatkan dana pinjaman FINMAS?

    FINMAS akan mengirim dana pinjaman ke rekening bank Anda yang didaftarkan pada saat proses pendaftaran akun FINMAS. Sahabat FINMAS akan memberitahu Anda via email dan SMS saat dana pinjaman telah dikirimkan ke rekening bank Anda.

  • 2.5. Apakah saya bisa membatalkan pengajuan pinjaman?

    Anda, calon penerima pinjaman dapat membatalkan permohonan pengajuan pinjaman melalui Sahabat FINMAS via email cs@finmas.co.id atau via telepon di nomor 021-50999988 atau dengan menghubungi sales officer FINMAS sepanjang proses verifikasi kelengkapan syarat pengajuan pinjaman belum selesai atau pendanaan belum disetujui atau sebelum dilakukannya transaksi di mitra FINMAS, dimana bergantung pada jenis produk FINMAS yang dipilih. 

     

  • 2.2. Apa saja persyaratan saya dalam mengajukan pinjaman di FINMAS?

    Dokumen yang wajib disampaikan kepada FINMAS adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP), namun jika diperlukan bergantung pada jenis produk yang dipilih, FINMAS dapat mengajukan pertanyaan dan meminta dokumen pendukung lainnya, antara lain sebagai berikut:

    1. Informasi pribadi, informasi kontak darurat dan informasi pekerjaan.

    2. Slip gaji atau bukti kepegawaian.

    3. Rekening bank. 

    4. Surat Izin Mengemudi (SIM).

    5. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

    6. Asuransi Kepegawaian.

    7. Kartu Kredit.

    8. Kartu Debit.

  • 2.4. Bagaimana saya mendapatkan dana pinjaman FINMAS?

    FINMAS akan mengirim dana pinjaman ke rekening bank Anda yang didaftarkan pada saat proses pendaftaran akun FINMAS. Sahabat FINMAS akan memberitahu Anda via email dan SMS saat dana pinjaman telah dikirimkan ke rekening bank Anda.

III. Pemberi Pinjaman

  • 3.1. Bagaimana cara saya dpat mengajukan permohonan sebagai pemberi pinjaman di FINMAS?

    1. Anda, calon pemberi pinjaman dapat mengakses website FINMAS dan memilih menu pendaftaran sebagai pemberi pinjaman.

    2. Anda, calon pemberi pinjaman harus membaca, memahami dan menyetujui ketentuan layanan FINMAS dan kebijakan privasi FINMAS.

    3. Anda, calon pemberi pinjaman harus mengisi dan melengkapi data, informasi dan dokumen yang dibutuhkan.

    4. Anda, calon pemberi pinjaman harus membaca dan memahami dengan baik ketentuan perjanjian pemberian jasa sebelum menggunakan layanan FINMAS. 

    5. Anda, calon pemberi pinjaman harus menunggu hasil verifikasi dari FINMAS untuk terdaftar sebagai pemberi pinjaman.

    6. Anda, calon pemberi pinjaman akan menerima pemberitahuan dari FINMAS mengenai hasil proses verifikasi untuk pendaftaran sebagai pemberi pinjaman.

    7. Apabila pendaftarannya sebagai pemberi pinjaman disetujui, Anda wajib menyetujui perjanjian pemberian jasa. 

    8. Keseluruhan proses pendaftaran hingga persetujuan akan berlangsung sekitar 3 (tiga) hari kerja.

    9. Setelah proses pendaftaran sebagai pemberi pinjaman telah selesai, Anda akan dikirimkan salinan perjanjian pemberian jasa ke alamat email Anda yang terdaftar. Perjanjian pemberian jasa tersebut setiap saat dapat di akses oleh Anda melalui aplikasi atau platform FINMAS.

  • 3.2. Bagaimana cara saya memberikan pendanaan kepada penerima pinjaman melalui layanan FINMAS ?

    1. Anda, pemberi pinjaman harus mengakses menu yang berisi daftar permintaan pinjaman pada platform FINMAS di website.

    2. Anda, pemberi pinjaman harus memilih permintaan pinjaman yang akan didanai.

    3. Anda, pemberi pinjaman harus membaca, memahami dan menyetujui perjanjian pinjam-meminjam dengan penerima pinjaman.

    4. Anda, pemberi pinjaman harus mengirim dana pinjaman secara penuh melalui nomor virtual account yang disediakan oleh FINMAS. 

    5. Setelah dana berhasil diterima oleh penerima pinjaman, FINMAS akan mengirimkan salinan perjanjian pinjam-meminjam dengan penerima pinjaman secara elektronik ke email Anda yang terdaftar. Perjanjian pinjam-meminjam tersebut setiap saat dapat di akses oleh Anda melalui aplikasi atau website FINMAS.

  • 3.2. Bagaimana cara saya memberikan pendanaan kepada penerima pinjaman melalui layanan FINMAS ?

    1. Anda, pemberi pinjaman harus mengakses menu yang berisi daftar permintaan pinjaman pada platform FINMAS di website.

    2. Anda, pemberi pinjaman harus memilih permintaan pinjaman yang akan didanai.

    3. Anda, pemberi pinjaman harus membaca, memahami dan menyetujui perjanjian pinjam-meminjam dengan penerima pinjaman.

    4. Anda, pemberi pinjaman harus mengirim dana pinjaman secara penuh melalui nomor virtual account yang disediakan oleh FINMAS. 

    5. Setelah dana berhasil diterima oleh penerima pinjaman, FINMAS akan mengirimkan salinan perjanjian pinjam-meminjam dengan penerima pinjaman secara elektronik ke email Anda yang terdaftar. Perjanjian pinjam-meminjam tersebut setiap saat dapat di akses oleh Anda melalui aplikasi atau website FINMAS.

IV. Perjanjian

  • 4.1. Bagaimana cara saya menyetujui dan menandatangani perjanjian pinjam-meminjam?

    Setelah pengajuan pinjaman Anda disetujui, Anda akan mendapatkan notifikasi melalui SMS, dan kemudian Anda dapat langsung melanjutkan untuk menyetujui perjanjian pinjam meminjam secara digital dari halaman “Pinjaman Saya” di aplikasi atau platform FINMAS. Kemudian, Anda akan dialihkan ke halaman untuk menandatangani dan menyetujui perjanjian pinjam-meminjam menggunakan Tanda Tangan Elektronik dengan memasukkan password Digisign dan OTP (One Time Password) yang diterima dari Digisign atau menandatangani menyetujui perjanjian pinjam-meminjam dengan memasukkan OTP yang diterima dari FINMAS.

  • 4.2. Apakah tanda tangan elektronik itu?

    Tanda Tangan Elektronik adalah tanda tangan yang dilekatkan dan terasosiasi dengan perjanjian pinjam-meminjam, perjanjian pemberian jasa dengan FINMAS atau perjanjian-perjanjian lainnya sehubungan dengan layanan FINMAS, dalam bentuk elektronik dan dapat diakses secara elektronik melalui aplikasi atau platform FINMAS. Tanda tangan elektronik digunakan sebagai alat verifikasi dan autentikasi bagi para pihak yang membuat dan menandatangani perjanjian. Penggunaan tanda tangan elektronik dalam setiap perjanjian sepenuhnya merupakan kebijakan dari FINMAS.

  • 4.3. Apakah itu Digisign?

    Digisign adalah penyelenggara sertifikasi elektronik yang merupakan badan hukum yang berfungsi untuk memberikan dan mengaudit Sertifikat Elektronik. Sertifikat Elektronik adalah sertifikat yang bersifat elektronik yang memuat Tanda Tangan Elektronik dan identitas yang menunjukkan status subjek hukum para pihak dalam transaksi elektronik yang dikeluarkan oleh Digisign. Penggunaan Digisign untuk Tanda Tangan Elektronik dalam setiap perjanjian sepenuhnya merupakan kebijakan dari FINMAS.

  • 4.4. Apakah saya perlu mendaftar ke Digisign agar dapat melakukan tanda tangan elektronik?

    FINMAS akan mendaftarkan Anda (penerima pinjaman atau pemberi pinjaman) berdasarkan data yang diterima melalui aplikasi FINMAS untuk menjadi pengguna Digisign, sebagaimana dimaksud secara rinci pada kebijakan privasi FINMAS.

  • 4.5. Bagaimana prosedur untuk saya mendapatkan password dan OTP pada halaman Digisign dan membuat Tanda Tangan Elektronik melalui Digisign?

    Pihak yang didaftarkan sebagai pengguna baru Digisign akan diminta membuat password ketika pertama kali menandatangani secara elektronik perjanjian dari platform FINMAS. OTP dikirimkan oleh Digisign setiap akan menandatangani secara elektronik sebuah dokumen perjanjian.

  • 4.6. Apa yang harus dilakukan apabila saya lupa password Digisign?

    Buka website Digisign di https://app.digisign.id/login.html lalu pilih “Reset Password” dan masukkan email yang Anda daftarkan. Ikuti petunjuk yang diberikan Digisign melalui SMS atau email.

  • 4.7. Apa yang harus saya lakukan, apabila saya mengalami kendala yang berkaitan dengan akun Digisign saya?

    Anda dapat menghubungi customer service Digisign melalui email ke cs@digi-id.id atau telepon ke 021-31116109 / 021-31116110.

  • 4.2. Apakah tanda tangan elektronik itu?

    Tanda Tangan Elektronik adalah tanda tangan yang dilekatkan dan terasosiasi dengan perjanjian pinjam-meminjam, perjanjian pemberian jasa dengan FINMAS atau perjanjian-perjanjian lainnya sehubungan dengan layanan FINMAS, dalam bentuk elektronik dan dapat diakses secara elektronik melalui aplikasi atau platform FINMAS. Tanda tangan elektronik digunakan sebagai alat verifikasi dan autentikasi bagi para pihak yang membuat dan menandatangani perjanjian. Penggunaan tanda tangan elektronik dalam setiap perjanjian sepenuhnya merupakan kebijakan dari FINMAS.

  • 4.4. Apakah saya perlu mendaftar ke Digisign agar dapat melakukan tanda tangan elektronik?

    FINMAS akan mendaftarkan Anda (penerima pinjaman atau pemberi pinjaman) berdasarkan data yang diterima melalui aplikasi FINMAS untuk menjadi pengguna Digisign, sebagaimana dimaksud secara rinci pada kebijakan privasi FINMAS.

  • 4.6. Apa yang harus dilakukan apabila saya lupa password Digisign?

    Buka website Digisign di https://app.digisign.id/login.html lalu pilih “Reset Password” dan masukkan email yang Anda daftarkan. Ikuti petunjuk yang diberikan Digisign melalui SMS atau email.

V. Pinjaman & Pembayaran

  • 5.1. Berapa lama jangka waktu yang dibutuhkan untuk penerima pinjaman menerima dana pinjaman?

    Penerima pinjaman akan menerima dana pinjaman dalam jangka waktu maksimum 3 (tiga) hari sejak diterimanya notifikasi dari FINMAS tentang persetujuan pemberian pinjaman dan pemberi pinjaman telah mengirimkan dana untuk pendanan pinjaman ke rekening escrow FINMAS. Apabila diperlukan waktu lebih lama dari yang diperlukan oleh karena suatu hal atau lainnya, maka FINMAS akan memberitahu penerima pinjaman.

  • 5.2. Bagaimana jika pemberi pinjaman tidak dapat atau gagal mengirimkan dana pinjaman ke rekening escrow FINMAS?

    Jika pemberi pinjaman gagal atau tidak dapat mengirimkan dana pinjaman ke rekening escrow FINMAS dalam jangka waktu 48 (empat puluh delapan) jam sejak diterimanya notifikasi dari FINMAS tentang persetujuan pemberian Pinjaman, maka pendanaan dari pemberi pinjaman yang bersangkutan akan dibatalkan.

  • 5.3. Bagaimana cara melakukan pembayaran atas pinjaman saya di FINMAS?

    Pembayaran pinjaman dapat ditujukan ke virtual account yang ditentukan oleh FINMAS dan dapat dilakukan secara online dan realtime melalui internet banking, ATM, mobile banking, teller kantor cabang bank atau jaringan Alfa (Alfamart, Alfamidi, Alfaexpress, Lawson, Dan+dan).

  • 5.4. Apa rekening virtual atau virtual account itu?

    Virtual account adalah fasilitas rekening virtual yang terikat dengan rekening penampungan (escrow) yang disediakan oleh PT Oriente Mas Sejahtera untuk keperluan (i) penyaluran dana dari pemberi pinjaman ke penerima pinjaman, dan/atau (ii) pembayaran atau pelunasan pinjaman oleh penerima pinjaman. Setiap pengguna layanan FINMAS baik pemberi pinjaman maupun penerima pinjaman akan diberikan nomor virtual account yang dapat dilihat di aplikasi FINMAS. Penyaluran dana untuk pinjaman maupun pembayaran/pelunasan pinjaman dapat ditujukan ke nomor virtual account tersebut melalui ATM (berlogo ATM Bersama/PRIMA/ALTO), mobile banking, internet banking, teller kantor cabang bank, atau jaringan Alfa (Alfamart, Alfamidi, Alfaexpress, Lawson, Dan+dan)..

  • 5.5. Apakah saya dapat menunda pembayaran atas pinjaman saya di FINMAS?

    Tidak. Segala bentuk keterlambatan akan dikenakan denda sesuai dengan ketentuan perjanjian pinjam-meminjam antara penerima pinjaman dan pemberi pinjaman.

  • 5.6. Apa yang terjadi jika saya terlambat melakukan pelunasan atas pinjaman di FINMAS?

    Anda akan diwajibkan untuk melakukan pembayaran atas Biaya Denda Keterlambatan Pembayaran beserta Bunga Denda Keterlambatan Pembayaran dan biaya-biaya lainnya sebagaimana tertera pada perjanjian pinjam-meminjam. Bunga Denda Keterlambatan Pembayaran kemudian akan ditambahkan dengan jumlah Pinjaman secara kumulatif, dengan ketentuan (i) Bunga Denda Keterlambatan Pembayaran beserta biaya-biaya lainnya akan berhenti berjalan setelah melewati 90 (sembilan puluh) hari setelah tanggal jatuh tempo, dan (ii) Nilai keseluruhan dari Biaya Denda Keterlambatan Pembayaran dan Bunga Denda Keterlambatan Pembayaran serta biaya-biaya lainnya maksimum 100% (seratus persen) dari nilai pokok pinjaman.

  • 5.7. Jika saya melakukan pelunasan lebih awal, apakah saya akan mendapat pengurangan atas bunga ataupun denda pembayaran lebih awal?

    Untuk pelunasan lebih awal, penerima pinjaman dimungkinkan untuk dikenakan biaya pelunasan awal yang berlaku sebagaimana diatur di dalam perjanjian pinjam-meminjam dan bunga atas Pinjaman akan berlaku penuh sampai dengan tanggal jatuh tempo.

  • 5.2. Bagaimana jika pemberi pinjaman tidak dapat atau gagal mengirimkan dana pinjaman ke rekening escrow FINMAS?

    Jika pemberi pinjaman gagal atau tidak dapat mengirimkan dana pinjaman ke rekening escrow FINMAS dalam jangka waktu 48 (empat puluh delapan) jam sejak diterimanya notifikasi dari FINMAS tentang persetujuan pemberian Pinjaman, maka pendanaan dari pemberi pinjaman yang bersangkutan akan dibatalkan.

  • 5.4. Apa rekening virtual atau virtual account itu?

    Virtual account adalah fasilitas rekening virtual yang terikat dengan rekening penampungan (escrow) yang disediakan oleh PT Oriente Mas Sejahtera untuk keperluan (i) penyaluran dana dari pemberi pinjaman ke penerima pinjaman, dan/atau (ii) pembayaran atau pelunasan pinjaman oleh penerima pinjaman. Setiap pengguna layanan FINMAS baik pemberi pinjaman maupun penerima pinjaman akan diberikan nomor virtual account yang dapat dilihat di aplikasi FINMAS. Penyaluran dana untuk pinjaman maupun pembayaran/pelunasan pinjaman dapat ditujukan ke nomor virtual account tersebut melalui ATM (berlogo ATM Bersama/PRIMA/ALTO), mobile banking, internet banking, teller kantor cabang bank, atau jaringan Alfa (Alfamart, Alfamidi, Alfaexpress, Lawson, Dan+dan)..

  • 5.6. Apa yang terjadi jika saya terlambat melakukan pelunasan atas pinjaman di FINMAS?

    Anda akan diwajibkan untuk melakukan pembayaran atas Biaya Denda Keterlambatan Pembayaran beserta Bunga Denda Keterlambatan Pembayaran dan biaya-biaya lainnya sebagaimana tertera pada perjanjian pinjam-meminjam. Bunga Denda Keterlambatan Pembayaran kemudian akan ditambahkan dengan jumlah Pinjaman secara kumulatif, dengan ketentuan (i) Bunga Denda Keterlambatan Pembayaran beserta biaya-biaya lainnya akan berhenti berjalan setelah melewati 90 (sembilan puluh) hari setelah tanggal jatuh tempo, dan (ii) Nilai keseluruhan dari Biaya Denda Keterlambatan Pembayaran dan Bunga Denda Keterlambatan Pembayaran serta biaya-biaya lainnya maksimum 100% (seratus persen) dari nilai pokok pinjaman.

VI. Produk di Finmas

  • 6.1. Apa perbedaan produk Cash Advance dan Installment?

    Cash Advance adalah produk pinjaman dana tunai untuk kebutuhan Anda. Installment adalah produk pinjaman dana untuk pembelian barang di mitra-mitra yang bekerjasama dengan FINMAS.

  • 6.2. Dimanakah saya bisa mengajukan pinjaman untuk produk Installment?

    Produk Installment dapat diajukan di semua mitra-mitra yang bekerjasama dengan FINMAS. Anda dapat mengetahui mitra-mitra yang bekerjasama dengan FINMAS melalui aplikasi FINMAS Anda, atau Anda dapat menghubungi Sahabat FINMAS via email cs@finmas.co.id atau via telepon di nomor 021-50999988.

  • 6.3. Seberapa cepat pengajuan pinjaman saya untuk produk Installment akan diproses di FINMAS?

    Keseluruhan proses pengajuan pinjaman untuk produk Installment hingga persetujuan paling cepat akan berlangsung sekitar 10 menit. Waktu proses pengajuan pinjaman untuk produk Installment dapat berubah-ubah sesuai dengan kelengkapan dan seberapa akurat data, dokumen dan informasi Anda.

  • 6.4. Berapa lama tenor dan besar pinjaman yang dapat diberikan untuk produk Cash Advance dan Installment?

    Tenor dan besar pinjaman untuk produk Cash Advance dan Installment akan mengacu pada hasil analisa profil kredit Anda. Tenor dan jumlah pinjaman untuk produk Cash Advance dan Installment dapat berubah-ubah dan sepenuhnya merupakan kebijakan dari FINMAS.

  • 6.5. Apabila pinjaman saya ditolak untuk produk, apakah saya dapat mengajukan pinjaman Cash Advance atau Installment lagi?

    Ya. Apabila pengajuan pinjaman oleh calon penerima pinjaman ditolak oleh FINMAS, maka calon penerima pinjaman tersebut dapat mengajukan pinjaman kembali setelah periode penangguhan pengajuan pinjaman berakhir. Informasi akhir periode masa penangguhan dapat dilihat pada aplikasi FINMAS.

  • 6.2. Dimanakah saya bisa mengajukan pinjaman untuk produk Installment?

    Produk Installment dapat diajukan di semua mitra-mitra yang bekerjasama dengan FINMAS. Anda dapat mengetahui mitra-mitra yang bekerjasama dengan FINMAS melalui aplikasi FINMAS Anda, atau Anda dapat menghubungi Sahabat FINMAS via email cs@finmas.co.id atau via telepon di nomor 021-50999988.

  • 6.4. Berapa lama tenor dan besar pinjaman yang dapat diberikan untuk produk Cash Advance dan Installment?

    Tenor dan besar pinjaman untuk produk Cash Advance dan Installment akan mengacu pada hasil analisa profil kredit Anda. Tenor dan jumlah pinjaman untuk produk Cash Advance dan Installment dapat berubah-ubah dan sepenuhnya merupakan kebijakan dari FINMAS.

VII. Pertanyaan Lain

  • 7.1. Bagaimana saya mengetahui rincian pinjaman dan rincian pembayaran pinjaman saya?

    Anda dapat melihat rincian pinjaman dan rincian pembayaran pinjaman melalui aplikasi FINMAS anda. Pastikan aplikasi FINMAS anda aktif dan terbarui. 

  • 7.2. Apabila saya membutuhkan bantuan atau informasi mengenai FINMAS, bagaimana cara saya menghubungi FINMAS?

    Jika Anda membutuhkan bantuan atau informasi terkait dengan layanan FINMAS, Anda dapat menghubungi Sahabat FINMAS via email cs@finmas.co.id dan via telepon ke 021-50999988.

  • 7.3. Apabila saya melakukan pembayaran dengan jumlah yang salah, apa yang harus saya lakukan?

    Segera hubungi Sahabat FINMAS di nomor 021-50999988 atau mengirimkan email ke cs@finmas.co.id. Agar kami dapat membantu Anda secara optimal, mohon sertakan nomor pinjaman Anda dan juga lampirkan bukti yang berkaitan dengan transaksi pembayaran Anda.

  • 7.4. Risiko dan hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum menggunakan layanan FINMAS?

    Bagi Pemberi Pinjaman:

    1. Keputusan pendanaan sepenuhnya berada pada pemberi pinjaman, oleh sebab itu pemberi pinjaman disarankan untuk memahami dengan baik dan mencermati dengan teliti sebelum memutuskan untuk melakukan pendanaan. 
    2. Risiko kredit atau gagal bayar oleh penerima pinjaman ditanggung sepenuhnya oleh pemberi pinjaman. 

     

    Bagi Penerima Pinjaman:

    1. Keputusan untuk mengajukan pinjaman sepenuhnya berada pada penerima pinjaman, oleh sebab itu penerima pinjaman disarankan untuk memahami dengan baik dan mencermati kemampuannya untuk membayar pinjaman sebelum mengajukan pinjaman.
    2. Apabila terjadi gagal bayar oleh penerima pinjaman, penerima pinjaman memahami bahwa penerima pinjaman dapat dimungkinkan untuk dilaporkan kepada pihak otoritas berwenang dan akan berdampak pada reputasi penerima pinjaman. 
    3. Apabila penerima pinjaman memberikan informasi yang tidak benar, menyesatkan atau menipu, maka FINMAS berhak untuk tidak menyetujui pengajuan pinjaman.

  • 7.5. Bagaimana saya dapat mengajukan keluhan atau permasalahan terkait layanan FINMAS?

    Anda dapat menghubungi Sahabat FINMAS di 021-50999988 atau melalui email ke cs@finmas.co.id dan sampaikan keluhan atau permasalahan dengan penjelasan atau bukti-bukti. Sahabat FINMAS akan kemudian melakukan investigasi atas keluhan atau permasalahan yang disampaikan dan apabila memungkinkan akan diselesaikan secara langsung namun apabila membutuhkan waktu tambahan maka Anda akan diinformasikan oleh Sahabat FINMAS mengenai proses dan lama penanganan keluhan atau permasalahan tersebut. 

  • 7.6. Permasalahan-permasalahan apa saja yang dapat ditangani oleh FINMAS?

    Pengguna layanan FINMAS dapat menyampaikan permintaan informasi maupun permasalahan-permasalahan terkait penggunaan layanan FINMAS antara lain sebagai berikut:

    1. Pengaduan terkait performa perjanjian pinjam meminjam
    2. Pengaduan terkait penyalahgunaan dana
    3. Pengaduan terkait penyalahgunaan data
    4. Kegagalan sistem elektronik
    5. Cyber bullying dan penagihan
    6. Pengecekan status pembayaran
    7. Pengecekan status pengajuan
    8. Keterlambatan proses pencairan dana
    9. Permasalahan terkait pendaftaran
    10. Permasalahan terkait pengajuan pinjaman

  • 7.7. Apakah saya dapat mengetahui publikasi mengenai informasi data penanganan permasalahan pengguna layanan FINMAS?

    Informasi penanganan permasalahan pengguna terhadap layanan FINMAS pada bulan November 2019 adalah sebagai berikut:

    No Jenis Pengaduan yang Ditangani Jumlah Per Bulan
    November 2019
    Status Penyelesaian
    Selesai Tidak Selesai Dalam Proses
    1 Penagihan 3 3 0 0
    2 Informasi Pembayaran 1 1 0 0
    3 Informasi Pengajuan 1 1 0 0
    4 Pembatalan Pinjaman 0 0 0 0
    5 Informasi Tenor 0 0 0 0
    6 Denda 0 0 0 0
    7 Informasi Tagihan 1 1 0 0
    8 Permintaan Kode OTP 0 0 0 0
    9 Kendala Pencairan 1 1 0 0
    10 Discount / Pemutihan 0 0 0 0
    TOTAL 7 7 0 0
  • 7.2. Apabila saya membutuhkan bantuan atau informasi mengenai FINMAS, bagaimana cara saya menghubungi FINMAS?

    Jika Anda membutuhkan bantuan atau informasi terkait dengan layanan FINMAS, Anda dapat menghubungi Sahabat FINMAS via email cs@finmas.co.id dan via telepon ke 021-50999988.

  • 7.4. Risiko dan hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum menggunakan layanan FINMAS?

    Bagi Pemberi Pinjaman:

    1. Keputusan pendanaan sepenuhnya berada pada pemberi pinjaman, oleh sebab itu pemberi pinjaman disarankan untuk memahami dengan baik dan mencermati dengan teliti sebelum memutuskan untuk melakukan pendanaan. 
    2. Risiko kredit atau gagal bayar oleh penerima pinjaman ditanggung sepenuhnya oleh pemberi pinjaman. 

     

    Bagi Penerima Pinjaman:

    1. Keputusan untuk mengajukan pinjaman sepenuhnya berada pada penerima pinjaman, oleh sebab itu penerima pinjaman disarankan untuk memahami dengan baik dan mencermati kemampuannya untuk membayar pinjaman sebelum mengajukan pinjaman.
    2. Apabila terjadi gagal bayar oleh penerima pinjaman, penerima pinjaman memahami bahwa penerima pinjaman dapat dimungkinkan untuk dilaporkan kepada pihak otoritas berwenang dan akan berdampak pada reputasi penerima pinjaman. 
    3. Apabila penerima pinjaman memberikan informasi yang tidak benar, menyesatkan atau menipu, maka FINMAS berhak untuk tidak menyetujui pengajuan pinjaman.

  • 7.6. Permasalahan-permasalahan apa saja yang dapat ditangani oleh FINMAS?

    Pengguna layanan FINMAS dapat menyampaikan permintaan informasi maupun permasalahan-permasalahan terkait penggunaan layanan FINMAS antara lain sebagai berikut:

    1. Pengaduan terkait performa perjanjian pinjam meminjam
    2. Pengaduan terkait penyalahgunaan dana
    3. Pengaduan terkait penyalahgunaan data
    4. Kegagalan sistem elektronik
    5. Cyber bullying dan penagihan
    6. Pengecekan status pembayaran
    7. Pengecekan status pengajuan
    8. Keterlambatan proses pencairan dana
    9. Permasalahan terkait pendaftaran
    10. Permasalahan terkait pengajuan pinjaman

VIII. Kebijakan,Syarat dan Ketentuan Pengembalian Kelebihan Bayar

  • 8.1. Bagaimana saya dapat mengajukan permohonan pengembalian kelebihan pembayaran?

    Penerima Pinjaman dapat meminta pengembalian uang jika terjadi kelebihan pembayaran, dengan mengajukan permintaan pengembalian kelebihan bayar kepada Sahabat Finmas di cs@finmas.co.id atau melalui telepon di (021-50999988). Permintaan pengembalian kelebihan bayar akan ditinjau dan diverifikasi lebih lanjut oleh FINMAS, dan Penerima Pinjaman wajib untuk memberikan bukti-bukti yang memuaskan bahwa telah terjadi kelebihan pembayaran. Seluruh biaya-biaya yang terkait untuk pengembalian kelebihan bayar akan dikenakan sepenuhnya kepada Penerima Pinjaman. Jumlah yang telah diverifikasi sebagai kelebihan pembayaran (tidak termasuk bunga, denda, biaya, dan biaya yang harus dibayarkan) yang merupakan hak Penerima Pinjaman akan dikembalikan kepada Penerima Pinjaman. Setiap permintaan pengembalian kelebihan bayar tidak akan menghapuskan kewajiban Penerima Pinjaman berdasarkan Perjanjian Pinjaman.

    Semua pengembalian uang akibat kelebihan bayar akan dilakukan dalam mata uang yang digunakan untuk Pinjaman. Sementara FINMAS akan melakukan upaya terbaiknya untuk memproses pengembalian kelebihan bayar dengan segera dan tunduk pada ketentuan lembaga keuangan yang terkait untuk melakukan pemindahbukuan ke rekening bank Penerima Pinjaman yang terdaftar di FINMAS.

     

  • 8.2. Apakah FINMAS dapat menolak atau tidak memproses permohonan pengembalian kelebihan pembayaran?

    FINMAS berhak untuk menolak pengembalian uang akibat kelebihan pembayaran, jika tidak ada bukti yang cukup dan memuaskan bagi FINMAS bahwa Penerima Pinjaman telah melakukan pembayaran yang berlebih.

  • 8.2. Apakah FINMAS dapat menolak atau tidak memproses permohonan pengembalian kelebihan pembayaran?

    FINMAS berhak untuk menolak pengembalian uang akibat kelebihan pembayaran, jika tidak ada bukti yang cukup dan memuaskan bagi FINMAS bahwa Penerima Pinjaman telah melakukan pembayaran yang berlebih.

PERHATIAN