FAQ

I. UMUM

  • 1.1. Apakah FINMAS itu?

    FINMAS adalah nama atau merek platform dan aplikasi yang diterbitkan oleh PT Oriente Mas Sejahtera sebagai penyelenggara layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi yang
    resmi berizin dan terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan (KEP-85/D.05/2019)

  • 1.2. Siapa saja yang dapat menggunakan FINMAS?

    Seluruh warga negara Indonesia yang berusia minimal 21 tahun, bekerja atau memiliki pendapatan tetap, dan memiliki KTP dapat mengajukan permohonan sebagai Penerima Pinjaman. Seluruh institusi atau badan hukum asing maupun Indonesia, WNI atau WNA dapat mengajukan permohonan sebagai Pemberi Pinjaman. Persetujuan untuk menjadi Penerima Pinjaman atau Pemberi Pinjaman sepenuhnya mengikuti kebijakan dari PT Oriente Mas Sejahtera.

  • 1.3. Berapa lama jangka waktu pinjaman yang tersedia di FINMAS?

    Anda dapat memilih tenor pinjaman yang tersedia pada aplikasi atau website FINMAS beserta dengan informasi ketentuan pembayaran yang berlaku.

  • 1.4. Apakah data pribadi yang saya isikan akan dijamin kerahasiaannya?

    Keamanan dan kerahasiaan Anda sangat penting bagi kami. Sebagai perusahaan yang memiliki ijin resmi dari OJK, prioritas FINMAS adalah untuk memberikan tingkat keamanan yang tinggi dan memberi kepercayaan kepada Anda bahwa penggunaan dan pemanfaatan informasi Anda hanya akan digunakan oleh FINMAS untuk keperluan verifikasi sebagai calon Pemberi Pinjaman atau calon Penerima Pinjaman serta untuk keperluan pemrosesan permohonan pinjaman sebagaimana dimaksud secara rinci pada Kebijakan Privasi FINMAS.

  • 1.2. Siapa saja yang dapat menggunakan FINMAS?

    Seluruh warga negara Indonesia yang berusia minimal 21 tahun, bekerja atau memiliki pendapatan tetap, dan memiliki KTP dapat mengajukan permohonan sebagai Penerima Pinjaman. Seluruh institusi atau badan hukum asing maupun Indonesia, WNI atau WNA dapat mengajukan permohonan sebagai Pemberi Pinjaman. Persetujuan untuk menjadi Penerima Pinjaman atau Pemberi Pinjaman sepenuhnya mengikuti kebijakan dari PT Oriente Mas Sejahtera.

  • 1.4. Apakah data pribadi yang saya isikan akan dijamin kerahasiaannya?

    Keamanan dan kerahasiaan Anda sangat penting bagi kami. Sebagai perusahaan yang memiliki ijin resmi dari OJK, prioritas FINMAS adalah untuk memberikan tingkat keamanan yang tinggi dan memberi kepercayaan kepada Anda bahwa penggunaan dan pemanfaatan informasi Anda hanya akan digunakan oleh FINMAS untuk keperluan verifikasi sebagai calon Pemberi Pinjaman atau calon Penerima Pinjaman serta untuk keperluan pemrosesan permohonan pinjaman sebagaimana dimaksud secara rinci pada Kebijakan Privasi FINMAS.

II. PENERIMA PINJAMAN

  • 2.1. Bagaimana cara saya dapat mengajukan pinjaman di FINMAS?

    1. Anda, calon Penerima Pinjaman dapat mengunduh aplikasi FINMAS di smartphone ATAU mendatangi mitra FINMAS dan meminta bantuan untuk mendaftar sebagai Penerima Pinjaman.
    2. Anda, calon Penerima Pinjaman harus membaca, memahami dan menyetujui ketentuan layanan FINMAS dan kebijakan privasi FINMAS.
    3. Anda, calon Penerima Pinjaman dapat memilih skema pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan Anda melalui aplikasi FINMAS.
    4. Anda, calon Penerima Pinjaman harus mengisi dan melengkapi dokumen dan data pribadi yaitu informasi identitas, informasi pribadi, informasi referensi, informasi pekerjaan dan informasi rekening Bank.
    5. Anda, calon Penerima Pinjaman harus membaca dan memahami dengan baik ketentuan perjanjian pinjam-meminjam sebelum menyetujui perjanjian pinjam meminjam tersebut.
    6. Anda, calon Penerima Pinjaman harus menunggu hasil verifikasi dari FINMAS untuk terdaftar sebagai Penerima Pinjaman.
    7. Anda, calon Penerima Pinjaman akan menerima pemberitahuan dari FINMAS mengenai hasil proses verifikasi atas pengajuan pinjaman.
    8. Apabila pinjamannya disetujui, Anda wajib menandatangani perjanjian pinjam-meminjam secara digital.
    9. Setelah Anda berhasil menerima dana, FINMAS akan mengirimkan salinan perjanjian pinjam-meminjam secara elektronik ke alamat email Anda yang terdaftar. Perjanjian pinjam-meminjam tersebut setiap saat dapat di akses oleh Anda melalui aplikasi atau platform FINMAS.

  • 2.2. Apa saja persyaratan saya dalam mengajukan pinjaman di FINMAS?

    Dokumen yang wajib disampaikan kepada FINMAS adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP), namun jika diperlukan bergantung pada jenis produk yang dipilih, FINMAS dapat mengajukan pertanyaan dan meminta dokumen pendukung lainnya, antara lain sebagai berikut:

    1. Informasi pribadi, informasi kontak darurat dan informasi pekerjaan.
    2. Rekening bank.
    3. Surat Izin Mengemudi (SIM) atau Passport.
    4. NPWP
    5. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) atau Kartu Indonesia Sehat (KIS).
    6. Bukti kepegawaian atau Slip gaji.
    7. Kartu Kredit atau Kartu Debit yang mencantumkan nama yang sesuai dengan nama Penerima Pinjaman yang tertera pada KTP.

  • 2.3. Seberapa cepat pengajuan pinjaman saya akan diproses di FINMAS?

    Keseluruhan proses pengajuan pinjaman hingga persetujuan dan dana diterima di rekening bank Penerima Pinjaman paling cepat akan berlangsung sekitar 3 (tiga) hari kerja. Waktu proses dapat berubah-ubah sesuai dengan kelengkapan dan keakuratan data dan informasi yang Anda berikan serta seberapa cepat proses verifikasi dapat dilakukan. FINMAS akan mengirimkan pemberitahuan pada saat pinjaman telah disetujui dan pada saat dana telah dicairkan.

  • 2.4. Apakah saya bisa membatalkan pengajuan pinjaman?

    Anda, calon Penerima Pinjaman dapat membatalkan permohonan pengajuan pinjaman dengan cara menghubungi Sahabat FINMAS melalui email ke cs@finmas.co.id atau melalui telepon di nomor 021-50999988 sepanjang proses verifikasi kelengkapan syarat pengajuan pinjaman belum selesai atau pendanaan belum disetujui atau sebelum dilakukannya transaksi di mitra FINMAS, dimana bergantung pada jenis produk FINMAS yang dipilih.

  • 2.2. Apa saja persyaratan saya dalam mengajukan pinjaman di FINMAS?

    Dokumen yang wajib disampaikan kepada FINMAS adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP), namun jika diperlukan bergantung pada jenis produk yang dipilih, FINMAS dapat mengajukan pertanyaan dan meminta dokumen pendukung lainnya, antara lain sebagai berikut:

    1. Informasi pribadi, informasi kontak darurat dan informasi pekerjaan.
    2. Rekening bank.
    3. Surat Izin Mengemudi (SIM) atau Passport.
    4. NPWP
    5. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) atau Kartu Indonesia Sehat (KIS).
    6. Bukti kepegawaian atau Slip gaji.
    7. Kartu Kredit atau Kartu Debit yang mencantumkan nama yang sesuai dengan nama Penerima Pinjaman yang tertera pada KTP.

  • 2.4. Apakah saya bisa membatalkan pengajuan pinjaman?

    Anda, calon Penerima Pinjaman dapat membatalkan permohonan pengajuan pinjaman dengan cara menghubungi Sahabat FINMAS melalui email ke cs@finmas.co.id atau melalui telepon di nomor 021-50999988 sepanjang proses verifikasi kelengkapan syarat pengajuan pinjaman belum selesai atau pendanaan belum disetujui atau sebelum dilakukannya transaksi di mitra FINMAS, dimana bergantung pada jenis produk FINMAS yang dipilih.

III. PEMBERI PINJAMAN

  • 3.1. Bagaimana cara saya dapat mengajukan permohonan sebagai Pemberi Pinjaman di FINMAS?

    1. Anda, calon Pemberi Pinjaman dapat mengakses website FINMAS dan memilih menu Pendanaan sebagai Pemberi Pinjaman.
    2. Anda, calon Pemberi Pinjaman harus membaca, memahami dan menyetujui ketentuan layanan FINMAS dan kebijakan privasi FINMAS.
    3. Anda, calon Pemberi Pinjaman harus mengisi dan melengkapi data, informasi dan dokumen yang dibutuhkan.
    4. Anda, calon Pemberi Pinjaman harus membaca dan memahami dengan baik ketentuan perjanjian pemberian jasa sebelum menggunakan layanan FINMAS.
    5. Anda, calon Pemberi Pinjaman harus menunggu hasil verifikasi dari FINMAS untuk terdaftar sebagai Pemberi Pinjaman.
    6. Anda, calon Pemberi Pinjaman akan menerima pemberitahuan dari FINMAS mengenai hasil proses verifikasi untuk pendaftaran sebagai Pemberi Pinjaman.
    7. Apabila pendaftaran sebagai Pemberi Pinjaman telah disetujui, Anda wajib menyetujui perjanjian pemberian jasa.
    8. Keseluruhan proses pendaftaran hingga persetujuan akan berlangsung sekitar 3 (tiga) hari kerja.
    9. Setelah proses pendaftaran sebagai Pemberi Pinjaman telah selesai, Anda akan dikirimkan salinan perjanjian pemberian jasa ke alamat email Anda yang terdaftar. Perjanjian pemberian jasa tersebut setiap saat dapat di akses oleh Anda melalui aplikasi atau platform FINMAS.

  • 3.2. Bagaimana cara saya memberikan pendanaan kepada penerima pinjaman melalui layanan FINMAS ?

    1. Anda, Pemberi Pinjaman harus mengakses menu yang berisi daftar permintaan pinjaman pada platform FINMAS di website.
    2. Anda, Pemberi Pinjaman harus memilih permintaan pinjaman yang akan didanai.
    3. Anda, Pemberi Pinjaman harus membaca, memahami dan menyetujui perjanjian pinjam-meminjam dengan Penerima Pinjaman.
    4. Anda, Pemberi Pinjaman harus mengirim dana pinjaman secara penuh melalui nomor virtual account yang disediakan oleh FINMAS.
    5. Setelah dana berhasil diterima oleh Penerima Pinjaman, FINMAS akan mengirimkan salinan perjanjian pinjam-meminjam dengan Penerima Pinjaman secara elektronik ke email Anda yang terdaftar. Perjanjian pinjam-meminjam tersebut setiap saat dapat diakses oleh Anda melalui aplikasi atau website FINMAS.

  • 3.2. Bagaimana cara saya memberikan pendanaan kepada penerima pinjaman melalui layanan FINMAS ?

    1. Anda, Pemberi Pinjaman harus mengakses menu yang berisi daftar permintaan pinjaman pada platform FINMAS di website.
    2. Anda, Pemberi Pinjaman harus memilih permintaan pinjaman yang akan didanai.
    3. Anda, Pemberi Pinjaman harus membaca, memahami dan menyetujui perjanjian pinjam-meminjam dengan Penerima Pinjaman.
    4. Anda, Pemberi Pinjaman harus mengirim dana pinjaman secara penuh melalui nomor virtual account yang disediakan oleh FINMAS.
    5. Setelah dana berhasil diterima oleh Penerima Pinjaman, FINMAS akan mengirimkan salinan perjanjian pinjam-meminjam dengan Penerima Pinjaman secara elektronik ke email Anda yang terdaftar. Perjanjian pinjam-meminjam tersebut setiap saat dapat diakses oleh Anda melalui aplikasi atau website FINMAS.

IV. PERJANJIAN

  • 4.1. Bagaimana cara saya menyetujui dan menandatangani perjanjian pinjam-meminjam?

    Setelah pengajuan pinjaman Anda disetujui, Anda akan mendapatkan notifikasi dan kemudian Anda dapat langsung melanjutkan untuk menyetujui perjanjian pinjam meminjam secara digital dari halaman “Pinjaman Saya” di aplikasi atau platform FINMAS. Kemudian, Anda akan dialihkan ke halaman untuk menandatangani dan menyetujui perjanjian pinjam-meminjam menggunakan Tanda Tangan Elektronik dengan memasukkan password Digisign dan OTP (One Time Password) yang diterima dari Digisign atau menandatangani untuk menyetujui perjanjian pinjam-meminjam dengan memasukkan OTP yang diterima.

  • 4.2. Apakah tanda tangan elektronik itu?

    Tanda Tangan Elektronik adalah tanda tangan yang dilekatkan dan terasosiasi dengan perjanjian pinjam-meminjam, perjanjian pemberian jasa dengan FINMAS atau perjanjian-perjanjian lainnya sehubungan dengan layanan FINMAS, dalam bentuk elektronik dan dapat diakses secara elektronik melalui aplikasi atau platform FINMAS. Tanda tangan elektronik digunakan sebagai alat verifikasi dan autentikasi bagi para pihak yang membuat dan menandatangani perjanjian. Penggunaan tanda tangan elektronik dalam setiap perjanjian sepenuhnya merupakan kebijakan dari FINMAS.

  • 4.3. Apakah itu Digisign?

    Digisign adalah penyelenggara sertifikasi elektronik yang merupakan badan hukum yang berfungsi untuk memberikan dan mengaudit Sertifikat Elektronik. Sertifikat Elektronik adalah sertifikat yang bersifat elektronik yang memuat Tanda Tangan Elektronik dan identitas yang menunjukkan status subjek hukum para pihak dalam transaksi elektronik yang dikeluarkan oleh Digisign. Penggunaan Digisign untuk Tanda Tangan Elektronik dalam setiap perjanjian sepenuhnya merupakan kebijakan dari FINMAS.

  • 4.4. Apakah saya perlu mendaftar ke Digisign agar dapat melakukan tanda tangan elektronik?

    FINMAS akan mendaftarkan Anda (Penerima Pinjaman atau Pemberi Pinjaman) berdasarkan data yang diterima melalui aplikasi FINMAS untuk menjadi pengguna Digisign, sebagaimana dimaksud secara rinci pada kebijakan privasi FINMAS.

  • 4.5. Bagaimana prosedur untuk saya mendapatkan password dan One Time Password (OTP) pada halaman Digisign dan membuat Tanda Tangan Elektronik melalui Digisign?

    Pihak yang didaftarkan sebagai pengguna baru Digisign akan diminta membuat password ketika pertama kali menandatangani secara elektronik perjanjian dari platform FINMAS. OTP dikirimkan oleh Digisign setiap akan menandatangani secara elektronik sebuah dokumen perjanjian.

  • 4.6. Apa yang harus dilakukan apabila saya lupa password Digisign?

    Buka website Digisign di https://app.digisign.id/login.html lalu pilih “Reset Password” dan masukkan email yang Anda daftarkan. Ikuti petunjuk selanjutnya yang diberikan oleh Digisign.

  • 4.7. Apa yang harus saya lakukan, apabila saya mengalami kendala yang berkaitan dengan akun Digisign saya?

    Anda dapat menghubungi customer service Digisign melalui email ke cs@digi-id.id atau telepon ke 021-31116109 / 021-31116110.

  • 4.2. Apakah tanda tangan elektronik itu?

    Tanda Tangan Elektronik adalah tanda tangan yang dilekatkan dan terasosiasi dengan perjanjian pinjam-meminjam, perjanjian pemberian jasa dengan FINMAS atau perjanjian-perjanjian lainnya sehubungan dengan layanan FINMAS, dalam bentuk elektronik dan dapat diakses secara elektronik melalui aplikasi atau platform FINMAS. Tanda tangan elektronik digunakan sebagai alat verifikasi dan autentikasi bagi para pihak yang membuat dan menandatangani perjanjian. Penggunaan tanda tangan elektronik dalam setiap perjanjian sepenuhnya merupakan kebijakan dari FINMAS.

  • 4.4. Apakah saya perlu mendaftar ke Digisign agar dapat melakukan tanda tangan elektronik?

    FINMAS akan mendaftarkan Anda (Penerima Pinjaman atau Pemberi Pinjaman) berdasarkan data yang diterima melalui aplikasi FINMAS untuk menjadi pengguna Digisign, sebagaimana dimaksud secara rinci pada kebijakan privasi FINMAS.

  • 4.6. Apa yang harus dilakukan apabila saya lupa password Digisign?

    Buka website Digisign di https://app.digisign.id/login.html lalu pilih “Reset Password” dan masukkan email yang Anda daftarkan. Ikuti petunjuk selanjutnya yang diberikan oleh Digisign.

V. PRODUK DI FINMAS

  • 5.1. Apa perbedaan produk Cash Advance dan Installment?

    - Cash Advance adalah produk pinjaman dana tunai untuk kebutuhan Anda yang berusia 21 tahun hingga 60 tahun.
    - Installment adalah produk pinjaman dana khusus untuk pembelian barang di mitra-mitra yang bekerjasama dengan FINMAS, bagi Anda yang berusia mulai dari 21 tahun hingga 50 tahun.

  • 5.2. Dimanakah saya bisa mengajukan pinjaman untuk produk Installment?

    Produk Installment dapat diajukan di semua mitra-mitra yang bekerjasama dengan FINMAS. Anda dapat mengetahui mitra yang bekerjasama dengan FINMAS melalui aplikasi FINMAS Anda, atau Anda dapat menghubungi Sahabat FINMAS melalui email ke cs@finmas.co.id atau melalui telepon di nomor 021-50999988.

  • 5.3. Seberapa cepat pengajuan pinjaman saya untuk produk Installment akan diproses di FINMAS?

    Keseluruhan proses pengajuan pinjaman untuk produk Installment hingga persetujuan paling cepat akan berlangsung sekitar 10 menit.
    Waktu proses dapat berubah-ubah sesuai dengan kelengkapan dan keakuratan data dan informasi yang Anda berikan serta seberapa cepat proses verifikasi dapat dilakukan. FINMAS akan mengirimkan pemberitahuan pada saat pinjaman telah disetujui.

  • 5.4. Berapa lama tenor dan besar pinjaman yang dapat diberikan untuk produk Cash Advance dan Installment?

    Tenor dan besar pinjaman untuk produk Cash Advance dan Installment akan mengacu pada hasil analisa profil kredit Anda. Tenor dan jumlah pinjaman untuk produk Cash Advance dan Installment dapat berubah-ubah dan sepenuhnya merupakan kebijakan dari FINMAS.

  • 5.5. Apabila pinjaman saya ditolak, apakah saya dapat mengajukan pinjaman Cash Advance atau Installment lagi?

    Ya. Apabila pengajuan pinjaman oleh calon Penerima Pinjaman ditolak oleh FINMAS, maka calon penerima pinjaman tersebut dapat mengajukan pinjaman kembali setelah periode penangguhan pengajuan pinjaman berakhir. Informasi akhir periode masa penangguhan dapat dilihat pada aplikasi FINMAS.

  • 5.6. Apa itu Finmas Care?

    Finmas Care adalah salah satu layanan yang diberikan untuk konsumen FINMAS berupa Asuransi Jiwa Kredit Multiguna yang merupakan hasil kerjasama antara FINMAS dengan asuransi jiwa FWD Life.
    Finmas Care akan melindungi Penerima Pinjaman selaku Tertanggung ketika terjadi risiko meninggal dunia atau Cacat Total Tetap (TPD), dimana perlindungan yang diberikan adalah sebesar limit pinjaman yang disetujui (maksimal Rp.4.000.000,-) yang akan melunasi sisa pinjaman yang masih terdapat di FINMAS. Apabila masih ada sisa uang pertanggungan setelah dikurangi sisa pinjaman, maka sisa uang pertanggungan tersebut akan dibayarkan kepada ahli waris yang terdaftar.
    Bukti kepesertaan Finmas Care adalah Sertifikat Polis yang akan dikirimkan ke alamat email Penerima Pinjaman yang terdaftar di FINMAS.

  • 5.7. Bagaimana cara mendapatkan layanan Finmas Care?

    Bagi Anda yang berusia 21 tahun hingga 50 tahun (ulang tahun terakhir) yang mengambil khusus produk Installment untuk pembelian barang di mitra FINMAS, maka secara otomatis akan didaftarkan untuk Finmas Care ini.
    Proses seleksi risiko atas produk asuransi ini adalah otomatis diterima, sepanjang pinjaman yang diajukan ke FINMAS memiliki akumulasi jumlah pinjaman tidak melebihi dari Rp.4.000.000,-.

  • 5.8. Bagaimana cara mengajukan klaim Finmas Care?

    Melengkapi dokumen klaim yang dibutuhkan seperti: Sertifikat Polis, Formulir Klaim, fotocopy KTP, Akta Kematian atau surat keterangan dokter yang menyatakan Tertanggung telah mengalami Cacat Total Tetap (TPD), dan dokumen-dokumen lain yang dibutuhkan, yang selanjutnya dapat dikirimkan ke PT. Salvus Inti paling lambat 45 hari setelah tanggal kejadian.
    Informasi lengkap mengenai cara mengajukan klaim dapat menghubungi PT. Salvus Inti di 021-56953505 atau email ke cs@salvus.co.id.

  • 5.2. Dimanakah saya bisa mengajukan pinjaman untuk produk Installment?

    Produk Installment dapat diajukan di semua mitra-mitra yang bekerjasama dengan FINMAS. Anda dapat mengetahui mitra yang bekerjasama dengan FINMAS melalui aplikasi FINMAS Anda, atau Anda dapat menghubungi Sahabat FINMAS melalui email ke cs@finmas.co.id atau melalui telepon di nomor 021-50999988.

  • 5.4. Berapa lama tenor dan besar pinjaman yang dapat diberikan untuk produk Cash Advance dan Installment?

    Tenor dan besar pinjaman untuk produk Cash Advance dan Installment akan mengacu pada hasil analisa profil kredit Anda. Tenor dan jumlah pinjaman untuk produk Cash Advance dan Installment dapat berubah-ubah dan sepenuhnya merupakan kebijakan dari FINMAS.

  • 5.6. Apa itu Finmas Care?

    Finmas Care adalah salah satu layanan yang diberikan untuk konsumen FINMAS berupa Asuransi Jiwa Kredit Multiguna yang merupakan hasil kerjasama antara FINMAS dengan asuransi jiwa FWD Life.
    Finmas Care akan melindungi Penerima Pinjaman selaku Tertanggung ketika terjadi risiko meninggal dunia atau Cacat Total Tetap (TPD), dimana perlindungan yang diberikan adalah sebesar limit pinjaman yang disetujui (maksimal Rp.4.000.000,-) yang akan melunasi sisa pinjaman yang masih terdapat di FINMAS. Apabila masih ada sisa uang pertanggungan setelah dikurangi sisa pinjaman, maka sisa uang pertanggungan tersebut akan dibayarkan kepada ahli waris yang terdaftar.
    Bukti kepesertaan Finmas Care adalah Sertifikat Polis yang akan dikirimkan ke alamat email Penerima Pinjaman yang terdaftar di FINMAS.

  • 5.8. Bagaimana cara mengajukan klaim Finmas Care?

    Melengkapi dokumen klaim yang dibutuhkan seperti: Sertifikat Polis, Formulir Klaim, fotocopy KTP, Akta Kematian atau surat keterangan dokter yang menyatakan Tertanggung telah mengalami Cacat Total Tetap (TPD), dan dokumen-dokumen lain yang dibutuhkan, yang selanjutnya dapat dikirimkan ke PT. Salvus Inti paling lambat 45 hari setelah tanggal kejadian.
    Informasi lengkap mengenai cara mengajukan klaim dapat menghubungi PT. Salvus Inti di 021-56953505 atau email ke cs@salvus.co.id.

VI. PINJAMAN & PEMBAYARAN

  • 6.1. Berapa lama jangka waktu yang dibutuhkan untuk Pemberi Pinjaman mengirimkan dana untuk pendanaan pinjaman?

    Pemberi Pinjaman wajib mengirimkan dana untuk pendanaan pinjaman ke rekening escrow FINMAS dalam jangka waktu 3 (tiga) hari kerja sejak diterimanya notifikasi dari FINMAS tentang persetujuan pemberian Pinjaman.

  • 6.2. Berapa lama jangka waktu yang dibutuhkan untuk Penerima Pinjaman menerima dana pinjaman?

    Penerima Pinjaman akan menerima dana pinjaman dalam jangka waktu 3 (tiga) hari kerja sejak diterimanya notifikasi dari FINMAS tentang persetujuan pemberian pinjaman dan Pemberi Pinjaman telah mengirimkan dana untuk pendanaan pinjaman ke rekening escrow FINMAS.

  • 6.3. Bagaimana jika Pemberi Pinjaman tidak dapat atau gagal mengirimkan dana pinjaman ke rekening escrow FINMAS?

    Jika Pemberi Pinjaman gagal atau tidak dapat mengirimkan dana pinjaman ke rekening escrow FINMAS dalam jangka waktu 3 (tiga) hari kerja sejak diterimanya notifikasi dari FINMAS tentang persetujuan pemberian pinjaman, maka pendanaan dari Pemberi Pinjaman yang bersangkutan akan dibatalkan.

  • 6.4. Apa rekening virtual atau virtual account itu?

    Virtual account adalah fasilitas rekening virtual yang terikat dengan rekening penampungan (escrow) yang disediakan oleh PT Oriente Mas Sejahtera untuk keperluan (i) penyaluran dana dari Pemberi Pinjaman ke Penerima Pinjaman, dan/atau (ii) pembayaran atau pelunasan pinjaman oleh Penerima Pinjaman. Setiap pengguna layanan FINMAS baik Pemberi Pinjaman maupun Penerima Pinjaman akan diberikan nomor virtual account yang dapat dilihat di aplikasi FINMAS. Penyaluran dana untuk pinjaman maupun pembayaran/pelunasan pinjaman dapat ditujukan ke nomor virtual account tersebut melalui ATM (berlogo ATM Bersama/PRIMA/ALTO), mobile banking, internet banking, teller kantor cabang bank, atau jaringan Alfa (Alfamart, Alfamidi, Alfaexpress, Lawson, Dan+dan).

  • 6.5. Bagaimana cara melakukan pembayaran atas pinjaman saya di FINMAS?

    Pembayaran pinjaman dapat ditujukan ke rekening virtual atau virtual account yang ditentukan oleh FINMAS dan dapat dilakukan secara online dan realtime melalui internet banking, ATM, mobile banking, teller kantor cabang bank atau jaringan Alfa (Alfamart, Alfamidi, Alfaexpress, Lawson, Dan+dan).
    Kami juga menghimbau agar Anda selalu melakukan pengecekan mengenai cara pembayaran pinjaman melalui aplikasi FINMAS agar terhindar dari segala bentuk tindak penipuan yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggungjawab yang mengatasnamakan FINMAS. Atau untuk informasi lebih lanjut, mohon hanya menghubungi Sahabat Finmas di nomor 021-50999988 atau melalui email ke cs@finmas.co.id.

  • 6.6. Apakah saya dapat menunda pembayaran atas pinjaman saya di FINMAS?

    Tidak. Segala bentuk keterlambatan akan dikenakan denda sesuai dengan ketentuan perjanjian pinjam-meminjam yang telah disetujui antara Penerima Pinjaman dan Pemberi Pinjaman.

  • 6.7. Apa yang terjadi jika saya terlambat melakukan pelunasan atas pinjaman di FINMAS?

    Penerima Pinjaman akan diwajibkan untuk melakukan pembayaran atas Biaya Denda Keterlambatan Pembayaran beserta Bunga Denda Keterlambatan Pembayaran dan biaya-biaya lainnya sebagaimana tertera pada perjanjian pinjam-meminjam.
    Bunga Denda Keterlambatan Pembayaran kemudian akan ditambahkan dengan jumlah Pinjaman secara kumulatif, dengan ketentuan (i) Bunga Denda Keterlambatan Pembayaran beserta biaya-biaya lainnya akan berhenti berjalan setelah melewati 90 (sembilan puluh) hari setelah tanggal jatuh tempo, dan (ii) Nilai keseluruhan dari Biaya Denda Keterlambatan Pembayaran dan Bunga Denda Keterlambatan Pembayaran serta biaya-biaya lainnya maksimum 100% (seratus persen) dari nilai pokok pinjaman.

  • 6.8. Bagaimana proses penagihan ketika pinjaman jatuh tempo?

    - FINMAS akan menghubungi melalui panggilan otomatis ke nomor Penerima Pinjaman yang terdaftar di FINMAS sebagai pengingat bahwa pinjaman akan segera jatuh tempo.
    - FINMAS akan menghubungi melalui panggilan otomatis ke nomor Penerima Pinjaman yang terdaftar di FINMAS sebagai pengingat bahwa pinjaman akan segera jatuh tempo.- Ketika pinjaman telah jatuh tempo dan belum terbayarkan, maka FINMAS akan menghubungi ke nomor Penerima Pinjaman yang terdaftar di FINMAS.
    - Ketika telah melewati tanggal jatuh tempo dan pinjaman masih belum terbayarkan serta Penerima Pinjaman tidak dapat dihubungi, maka FINMAS akan menghubungi nomor kontak darurat yang didaftarkan oleh Penerima Pinjaman di FINMAS. Mohon pastikan kontak darurat yang Anda daftarkan mengetahui bahwa yang bersangkutan telah didaftarkan sebagai kontak darurat Anda.

  • 6.9. Jika saya melakukan pelunasan lebih awal, apakah saya akan mendapat pengurangan atas bunga ataupun denda pembayaran lebih awal?

    Untuk pelunasan lebih awal hanya bisa dilakukan pada produk tertentu yang dapat Anda lihat pada aplikasi atau platform FINMAS, dan akan dikenakan biaya pelunasan awal yang berlaku sebagaimana diatur di dalam perjanjian pinjam-meminjam, dimana bunga atas pinjaman akan berlaku penuh sampai dengan tanggal jatuh tempo terdekat.

  • 6.2. Berapa lama jangka waktu yang dibutuhkan untuk Penerima Pinjaman menerima dana pinjaman?

    Penerima Pinjaman akan menerima dana pinjaman dalam jangka waktu 3 (tiga) hari kerja sejak diterimanya notifikasi dari FINMAS tentang persetujuan pemberian pinjaman dan Pemberi Pinjaman telah mengirimkan dana untuk pendanaan pinjaman ke rekening escrow FINMAS.

  • 6.4. Apa rekening virtual atau virtual account itu?

    Virtual account adalah fasilitas rekening virtual yang terikat dengan rekening penampungan (escrow) yang disediakan oleh PT Oriente Mas Sejahtera untuk keperluan (i) penyaluran dana dari Pemberi Pinjaman ke Penerima Pinjaman, dan/atau (ii) pembayaran atau pelunasan pinjaman oleh Penerima Pinjaman. Setiap pengguna layanan FINMAS baik Pemberi Pinjaman maupun Penerima Pinjaman akan diberikan nomor virtual account yang dapat dilihat di aplikasi FINMAS. Penyaluran dana untuk pinjaman maupun pembayaran/pelunasan pinjaman dapat ditujukan ke nomor virtual account tersebut melalui ATM (berlogo ATM Bersama/PRIMA/ALTO), mobile banking, internet banking, teller kantor cabang bank, atau jaringan Alfa (Alfamart, Alfamidi, Alfaexpress, Lawson, Dan+dan).

  • 6.6. Apakah saya dapat menunda pembayaran atas pinjaman saya di FINMAS?

    Tidak. Segala bentuk keterlambatan akan dikenakan denda sesuai dengan ketentuan perjanjian pinjam-meminjam yang telah disetujui antara Penerima Pinjaman dan Pemberi Pinjaman.

  • 6.8. Bagaimana proses penagihan ketika pinjaman jatuh tempo?

    - FINMAS akan menghubungi melalui panggilan otomatis ke nomor Penerima Pinjaman yang terdaftar di FINMAS sebagai pengingat bahwa pinjaman akan segera jatuh tempo.
    - FINMAS akan menghubungi melalui panggilan otomatis ke nomor Penerima Pinjaman yang terdaftar di FINMAS sebagai pengingat bahwa pinjaman akan segera jatuh tempo.- Ketika pinjaman telah jatuh tempo dan belum terbayarkan, maka FINMAS akan menghubungi ke nomor Penerima Pinjaman yang terdaftar di FINMAS.
    - Ketika telah melewati tanggal jatuh tempo dan pinjaman masih belum terbayarkan serta Penerima Pinjaman tidak dapat dihubungi, maka FINMAS akan menghubungi nomor kontak darurat yang didaftarkan oleh Penerima Pinjaman di FINMAS. Mohon pastikan kontak darurat yang Anda daftarkan mengetahui bahwa yang bersangkutan telah didaftarkan sebagai kontak darurat Anda.

VII. PERTANYAAN LAIN

  • 7.1. Bagaimana saya mengetahui rincian pinjaman dan rincian pembayaran pinjaman saya?

    Anda dapat melihat rincian pinjaman dan rincian pembayaran pinjaman melalui aplikasi FINMAS Anda. Pastikan aplikasi FINMAS Anda aktif dan terbarui.

  • 7.2. Apabila saya membutuhkan bantuan atau informasi mengenai FINMAS, bagaimana cara saya menghubungi FINMAS?

    Jika Anda membutuhkan bantuan atau informasi terkait dengan layanan FINMAS, Anda dapat menghubungi Sahabat FINMAS melalui email ke cs@finmas.co.id atau melalui telepon di 021-50999988 dari hari Senin hingga hari Minggu mulai pukul 08:00 WIB hingga pukul 22:00 WIB.

  • 7.3. Apabila saya melakukan pembayaran dengan jumlah yang salah, apa yang harus saya lakukan?

    Segera hubungi Sahabat FINMAS di nomor 021-50999988 atau mengirimkan email ke cs@finmas.co.id. Agar kami dapat membantu Anda secara optimal, mohon sertakan nomor pinjaman Anda dan juga lampirkan bukti yang berkaitan dengan transaksi pembayaran Anda tersebut.

  • 7.4. Risiko dan hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum menggunakan layanan FINMAS?

    Bagi Pemberi Pinjaman:
    1. Keputusan pendanaan sepenuhnya berada pada Pemberi Pinjaman, oleh sebab itu Pemberi Pinjaman disarankan untuk memahami dengan baik dan mencermati dengan teliti sebelum memutuskan untuk melakukan pendanaan. 
    2. Risiko kredit atau gagal bayar oleh Penerima Pinjaman ditanggung sepenuhnya oleh Pemberi PInjaman. 

    Bagi Penerima Pinjaman:
    1. Keputusan untuk mengajukan pinjaman sepenuhnya berada pada Penerima Pinjaman, oleh sebab itu Penerima Pinjaman disarankan untuk memahami dengan baik dan mencermati kemampuannya untuk membayar pinjaman sebelum mengajukan pinjaman.
    2. Apabila terjadi gagal bayar oleh Penerima Pinjaman, maka Penerima Pinjaman memahami bahwa Penerima Pinjaman dapat dimungkinkan untuk dilaporkan kepada pihak otoritas berwenang dan akan berdampak pada reputasi penerima pinjaman. 
    3. Apabila Penerima Pinjaman memberikan informasi yang tidak benar, menyesatkan atau menipu, maka FINMAS berhak untuk tidak menyetujui pengajuan pinjaman.

  • 7.5. Bagaimana saya dapat mengajukan keluhan atau permasalahan terkait layanan FINMAS?

    Anda dapat menghubungi Sahabat FINMAS di 021-50999988 atau melalui email ke cs@finmas.co.id dan sampaikan keluhan atau permasalahan dengan penjelasan serta bukti-bukti. Sahabat FINMAS kemudian akan melakukan investigasi atas keluhan atau permasalahan yang disampaikan dan apabila memungkinkan akan diselesaikan secara langsung. Namun jika membutuhkan waktu tambahan maka Anda akan diinformasikan oleh Sahabat FINMAS mengenai proses dan lama penanganan keluhan atau permasalahan tersebut.

  • 7.2. Apabila saya membutuhkan bantuan atau informasi mengenai FINMAS, bagaimana cara saya menghubungi FINMAS?

    Jika Anda membutuhkan bantuan atau informasi terkait dengan layanan FINMAS, Anda dapat menghubungi Sahabat FINMAS melalui email ke cs@finmas.co.id atau melalui telepon di 021-50999988 dari hari Senin hingga hari Minggu mulai pukul 08:00 WIB hingga pukul 22:00 WIB.

  • 7.4. Risiko dan hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum menggunakan layanan FINMAS?

    Bagi Pemberi Pinjaman:
    1. Keputusan pendanaan sepenuhnya berada pada Pemberi Pinjaman, oleh sebab itu Pemberi Pinjaman disarankan untuk memahami dengan baik dan mencermati dengan teliti sebelum memutuskan untuk melakukan pendanaan. 
    2. Risiko kredit atau gagal bayar oleh Penerima Pinjaman ditanggung sepenuhnya oleh Pemberi PInjaman. 

    Bagi Penerima Pinjaman:
    1. Keputusan untuk mengajukan pinjaman sepenuhnya berada pada Penerima Pinjaman, oleh sebab itu Penerima Pinjaman disarankan untuk memahami dengan baik dan mencermati kemampuannya untuk membayar pinjaman sebelum mengajukan pinjaman.
    2. Apabila terjadi gagal bayar oleh Penerima Pinjaman, maka Penerima Pinjaman memahami bahwa Penerima Pinjaman dapat dimungkinkan untuk dilaporkan kepada pihak otoritas berwenang dan akan berdampak pada reputasi penerima pinjaman. 
    3. Apabila Penerima Pinjaman memberikan informasi yang tidak benar, menyesatkan atau menipu, maka FINMAS berhak untuk tidak menyetujui pengajuan pinjaman.

VIII. KEBIJAKAN,SYARAT DAN KETENTUAN PENGEMBALIAN KELEBIHAN BAYAR

  • 8.1. Bagaimana saya dapat mengajukan permohonan pengembalian kelebihan pembayaran?

    Penerima Pinjaman dapat meminta pengembalian uang jika terjadi kelebihan pembayaran, dengan mengajukan permintaan pengembalian kelebihan bayar kepada Sahabat Finmas di cs@finmas.co.id atau melalui telepon di (021-50999988). Permintaan pengembalian kelebihan bayar akan ditinjau dan diverifikasi lebih lanjut oleh FINMAS, dan Penerima Pinjaman wajib untuk memberikan bukti-bukti yang memuaskan bahwa telah terjadi kelebihan pembayaran. Seluruh biaya yang muncul terkait pengembalian kelebihan bayar akan dikenakan sepenuhnya kepada Penerima Pinjaman. Jumlah yang telah diverifikasi sebagai kelebihan pembayaran (tidak termasuk bunga, denda, dan biaya yang harus dibayarkan) yang merupakan hak Penerima Pinjaman akan dikembalikan kepada Penerima Pinjaman. Setiap permintaan pengembalian kelebihan bayar tidak akan menghapuskan kewajiban Penerima Pinjaman berdasarkan Perjanjian Pinjaman.

    Semua pengembalian uang akibat kelebihan bayar akan dilakukan dalam mata uang yang digunakan untuk pinjaman. Sementara FINMAS akan melakukan upaya terbaiknya untuk memproses pengembalian kelebihan bayar dengan segera dan tunduk pada ketentuan lembaga keuangan yang terkait untuk melakukan pemindahbukuan ke rekening bank Penerima Pinjaman yang terdaftar di FINMAS.

  • 8.2. Apakah FINMAS dapat menolak atau tidak memproses permohonan pengembalian kelebihan pembayaran?

    FINMAS berhak untuk menolak pengembalian uang akibat kelebihan pembayaran, jika tidak ada bukti yang cukup dan memuaskan bagi FINMAS bahwa Penerima Pinjaman telah melakukan pembayaran yang berlebih.

  • 8.2. Apakah FINMAS dapat menolak atau tidak memproses permohonan pengembalian kelebihan pembayaran?

    FINMAS berhak untuk menolak pengembalian uang akibat kelebihan pembayaran, jika tidak ada bukti yang cukup dan memuaskan bagi FINMAS bahwa Penerima Pinjaman telah melakukan pembayaran yang berlebih.

PERHATIAN