FAQ FINMAS - Sahabat Finansial Indonesia

FAQ

  • Apakah FINMAS itu?

    FINMAS adalah nama atau merek platform dan aplikasi yang diterbitkan oleh PT Oriente Mas Sejahtera sebagai penyelenggara layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi yang resmi terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan (S-56/NB.213/2018).

  • Siapa saja yang dapat menggunakan FINMAS?

    Seluruh warga negara Indonesia yang berusia minimal 21 tahun, bekerja atau memiliki pendapatan tetap, dan memiliki KTP dapat mengajukan permohonan sebagai penerima pinjaman. Seluruh institusi atau badan hukum asing maupun Indonesia, WNI atau WNA dapat mengajukan permohonan sebagai pemberi pinjaman. Persetujuan untuk menjadi penerima pinjaman atau pemberi pinjaman sepenuhnya mengikuti kebijakan dari PT Oriente Mas Sejahtera.

  • Berapa lama pinjaman yang tersedia di FINMAS?

    Anda dapat memilih tenor pinjaman yang tersedia pada aplikasi FINMAS beserta dengan informasi ketentuan pembayaran yang berlaku. Kami akan menyediakan lebih banyak opsi untuk masa datang.

  • Bagaimana cara mengajukan pinjaman di FINMAS?

    1. Unduh aplikasi FINMAS di smartphone.

    2. Membaca dan menyetujui ketentuan layanan FINMAS dan kebijakan privasi.

    3. Lakukan pendaftaran ATAU datangi mitra retail FINMAS dan meminta bantuan untuk mendaftar dengan sales officer FINMAS.

    4. Pilih skema pinjaman yang ditawarkan.

    5. Isi dokumen dan data pribadi antara lain KTP, foto diri, informasi kontak darurat, informasi pekerjaan, informasi rekening bank.

    6. Membaca dan menyetujui ketentuan perjanjian pinjam-meminjam.

    7. Menyetujui penggunaan tanda tangan elektronik.

    8. Menunggu hasil verifikasi dari FINMAS.

    9. Calon penerima pinjaman akan menerima pemberitahuan dari FINMAS mengenai hasil proses pengajuan pinjaman.

    10. Apabila disetujui, keseluruhan proses pengajuan hingga persetujuan dan dana diterima akan berlangsung sekitar 3 (tiga) hari kerja.

    11. Setelah dana berhasil diterima, penerima pinjaman akan dikirimkan perjanjian pinjam-meminjam ke alamat email yang terdaftar.

  • Apa saja persyaratan mengajukan pinjaman di FINMAS?

    1. KTP.

    2. Informasi pribadi, informasi kontak darurat dan informasi pekerjaan.

    3. Slip gaji atau bukti kepegawaian (apabila diperlukan).

    4. Rekening bank.

  • Apakah data pribadi yang saya isikan akan dijamin kerahasiaannya?

    Keamanan dan kerahasiaan Anda sangat penting bagi kami. Prioritas FINMAS adalah untuk memberikan tingkat keamanan yang tinggi dan memberi kepercayaan kepada Anda bahwa penggunaan dan pemanfaatan informasi Anda hanya digunakan oleh FINMAS untuk keperluan verifikasi sebagai calon pemberi pinjaman atau penerima pinjaman serta untuk keperluan pemrosesan permohonan pinjaman sebagaimana dimaksud secara rinci pada Kebijakan Privasi FINMAS.

  • Seberapa cepat pengajuan pinjaman akan diproses di FINMAS?

    Secara umum, keseluruhan proses pengajuan hingga persetujuan dan dana diterima di rekening bank penerima pinjaman akan berlangsung sekitar 3 (tiga) hari kerja. Waktu proses dapat berubah-ubah sesuai dengan kelengkapan dan seberapa akurat data dan informasi Anda.

  • Seberapa cepat penerima pinjaman akan mendapatkan dana pinjaman FINMAS?

    Keseluruhan proses pengajuan pinjaman hingga persetujuan dan dana diterima di rekening bank penerima pinjaman akan berlangsung sekitar 3 (tiga) hari kerja. Sahabat FINMAS akan memberitahu Anda via email dan SMS saat pinjaman telah disetujui dan diberikan.

  • Bagaimana saya mendapatkan dana pinjaman FINMAS?

    FINMAS akan mengirim dana pinjaman ke rekening bank yang Anda daftarkan pada saat proses pendaftaran akun FINMAS.

  • Apakah saya bisa membatalkan pengajuan pinjaman?

    Calon penerima pinjaman dapat membatalkan permohonan pengajuan pinjaman melalui Customer Service FINMAS via email cs@finmas.co.id atau via telepon di nomor 021-150988 sepanjang proses verifikasi kelengkapan syarat pengajuan pendanaan/pinjaman belum selesai atau belum disetujui

  • Bagaimana cara mengajukan permohonan sebagai pemberi pinjaman di FINMAS?

    1. Mengakses website FINMAS dan memilih menu pendaftaran sebagai pemberi pinjaman.

    2. Membaca dan menyetujui ketentuan layanan FINMAS dan kebijakan privasi.

    3. Daftar dengan mengisi data, informasi dan dokumen yang ditentukan.

    4. Menunggu hasil verifikasi dari FINMAS.

    5. Calon pemberi pinjaman akan menerima pemberitahuan dari FINMAS mengenai hasil proses pengajuan pinjaman.

  • Bagaimana cara pemberi pinjaman mendanai permintaan pinjaman?

    1. Mengakses menu yang berisi daftar permintaan pinjaman pada platform FINMAS.

    2. Memilih permintaan pinjaman yang akan didanai.

    3. Membaca dan menyetujui ketentuan perjanjian layanan dengan FINMAS dan perjanjian pinjam-meminjam dengan penerima pinjaman.

    4. Menyetujui penggunaan tanda tangan elektronik.

    5. Mengirim dana secara penuh melalui nomor virtual account yang disediakan.

    6. Setelah dana berhasil diterima oleh penerima pinjaman, pemberi pinjaman akan dikirimkan perjanjian layanan dengan FINMAS dan perjanjian pinjam-meminjam dengan penerima pinjaman ke email yang terdaftar.

  • Kapan penerima pinjaman menerima perjanjian pinjam-meminjam?

    FINMAS akan mengirimkan penjanjian pinjam-meminjam secara elektronik ke email penerima pinjaman setelah dana diterima di rekening bank penerima pinjaman. Perjanjian tersebut setiap saat dapat di akses oleh penerima pinjaman melalui aplikasi FINMAS.

  • Kapan pemberi pinjaman menerima perjanjian layanan FINMAS dan perjanjian pinjam-meminjam?

    FINMAS akan mengirimkan perjanjian layanan FINMAS dan perjanjian pinjam-meminjam secara elektronik ke email pemberi pinjaman yang terdaftar setelah dana diterima di rekening bank penerima pinjaman. Perjanjian tersebut setiap saat dapat di akses oleh pemberi pinjaman pada platform FINMAS.

  • Apa yang terjadi jika pemberi pinjaman tidak mengirimkan dana dalam jumlah penuh?

    Apabila dana yang diterima dalam rekening escrow FINMAS kurang dari permintaan pendanaan, maka pemberi pinjaman wajib menambah dana tersebut maksimal dalam waktu 1 (satu) hari berikutnya. Apabila dana tidak diterima setelah tenggang waktu tersebut, maka FINMAS akan mengembalikan dana yang sebelumnya telah diterima dari pemberi pinjaman ke rekening bank pemberi pinjaman tanpa pemberitahuan ke pemberi pinjaman.

  • Bagaimana cara melakukan pembayaran atas pinjaman saya di FINMAS?

    Pembayaran pinjaman dapat ditujukan ke virtual account yang ditentukan oleh FINMAS dan dapat dilakukan secara online dan realtime melalui internet banking, ATM, mobile banking, maupun teller kantor cabang bank. Guna mempermudah konsumen FINMAS akan bermitra dengan pihak-pihak lain yang dapat menyediakan layanan pembayaran pinjaman FINMAS di kemudian hari.

  • Apa rekening virtual atau virtual account itu?

    Virtual account adalah fasilitas rekening virtual yang terikat dengan rekening perantara (escrow) yang disediakan oleh PT Oriente Mas Sejahtera yang untuk keperluan (i) penyaluran dana dari pemberi pinjaman ke penerima pinjaman, dan/atau (ii) pembayaran atau pelunasan pinjaman oleh penerima pinjaman. Setiap pengguna layanan FINMAS baik pemberi pinjaman maupun penerima pinjaman akan diberikan nomor virtual account. Penyaluran dana untuk pinjaman maupun pembayaran/pelunasan pinjaman dapat ditujukan ke nomor virtual account tersebut melalui ATM (berlogo ATM Bersama/PRIMA/ALTO), mobile banking, internet banking atau teller kantor cabang bank.

  • Apakah saya dapat menunda pembayaran atas pinjaman saya di FINMAS?

    Tidak. Segala bentuk keterlambatan akan dikenakan denda sesuai dengan ketentuan perjanjian pinjam-meminjam antara penerima pinjaman dan pemberi pinjaman.

  • Apa yang terjadi jika saya terlambat melakukan pembayaran atas pinjaman di FINMAS?

    Anda akan diwajibkan untuk melakukan pembayaran atas Biaya Denda Keterlambatan Pembayaran beserta Bunga Denda Keterlambatan Pembayaran dan biaya-biaya lainnya sebagaimana tertera pada perjanjian pinjam meminjam uang. Bunga Denda Keterlambatan Pembayaran kemudian akan ditambahkan dengan jumlah Pinjaman secara kumulatif, dengan ketentuan (i) Bunga Denda Keterlambatan Pembayaran beserta biaya-biaya lainnya akan berhenti berjalan setelah melewati 90 (Sembilan puluh) hari setelah tanggal jatuh tempo, dan (ii) Nilai keseluruhan dari Biaya Denda Keterlambatan Pembayaran dan Bunga Denda Keterlambatan Pembayaran serta biaya-biaya lainnya maksimum 100% (seratus persen) dari nilai pokok pinjaman.

  • Risiko dan hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum menggunakan layanan FINMAS?


    Denda pembayaran lebih awal dapat berlaku sebagaimana diatur didalam Perjanjian Pinjam Meminjam dan bunga atas Pinjaman akan berlaku penuh sampai dengan tanggal jatuh tempo.

  • Saya membutuhkan bantuan, bagaimana cara saya menghubungi FINMAS?

    Jika Anda membutuhkan bantuan, Anda dapat menghubungi Customer Service FINMAS via email ke cs@finmas.co.id dan via telepon ke 021-150988.

  • Saya melakukan pembayaran dengan jumlah yang salah, apa yang harus saya lakukan?

    Segera hubungi Customer Service FINMAS di nomor 021-150988 atau mengirimkan email ke cs@finmas.co.id. Agar kami dapat membantu Anda secara optimal, mohon sertakan nomor pinjaman Anda dan juga lampirkan foto yang berkaitan dengan transaksi pembayaran Anda.

  • Risiko dan hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum menggunakan layanan FINMAS?

    Bagi Pemberi Pinjaman:

    1. Keputusan pendanaan sepenuhnya berada pada Pemberi Pinjaman, oleh sebab itu Pemberi Pinjaman disarankan untuk lebih mencermati dengan teliti sebelum memutuskan untuk melakukan pendanaan.

    2. Risiko kredit atau gagal bayar oleh Penerima Pinjaman ditanggung sepenuhnya oleh Pemberi Pinjaman.

    Bagi Penerima Pinjaman:

    1. Pikirkan dengan cermat kemampuan untuk membayar pinjaman sebelum mengajukan peminjaman dana.

    2. Apabila terjadi gagal bayar oleh Penerima Pinjaman, maka Penerima Pinjaman dapat dimungkinkan untuk dilaporkan kepada pihak otoritas berwenang dan akan berdampak pada reputasi Penerima Pinjaman.

    3. Apabila Penerima Pinjaman memberikan informasi yang tidak benar, menyesatkan atau menipu, maka FINMAS berhak untuk tidak meluluskan pengajuan peminjaman dana

  • Bagaimana saya dapat mengajukan keluhan terkait layanan FINMAS?


    Anda dapat menghubungi Customer Service FINMAS di 021-150988 atau melalui email ke cs@finmas.co.id dan sampaikan keluhan dengan penjelasan atau bukti-bukti. Customer Service FINMAS akan kemudian melakukan investigasi atas permasalahan yang disampaikan dan apabila memungkinkan akan diselesaikan secara langsung namun apabila membutuhkan waktu tambahan maka Anda akan diinformasikan oleh Customer Service FINMAS mengenai proses dan lama penanganan permasalahan tersebut.

  • Permasalahan-permasalahan apa saja yang dapat ditangani oleh FINMAS?

    Pengguna layanan FINMAS dapat menyampaikan permintaan informasi maupun permasalahan-permasalahan terkait penggunaan layanan FINMAS antara lain sebagai berikut:

    1. Pengaduan terkait performa perjanjian pinjam meminjam

    2. Pengaduan terkait penyalahgunaan dana

    3. Pengaduan terkait penyalahgunaan data

    4. Kegagalan sistem elektronik

    5. Cyber bullying dan penagihan

    6. Pengecekan status pembayaran

    7. Pengecekan status pengajuan

    8. Keterlambatan proses pencairan dana

  • Apakah saya dapat mengetahui publikasi mengenai informasi data penanganan permasalahan pengguna layanan FINMAS?

    Informasi penanganan permasalahan pengguna terhadap layanan FINMAS pada bulan Juli 2019 adalah sebagai berikut:

    No Jenis Pengaduan yang Ditangani Jumlah Per Bulan
    Agustus 2019
    Status Penyelesaian
    Selesai Tidak Selesai Dalam Proses
    1 Penagihan 5 5 0 0
    2 Informasi Pembayaran 3 3 0 0
    3 Informasi Pengajuan 3 3 0 0
    4 Pembatalan Pinjaman 1 1 0 0
    5 Informasi Tenor 0 0 0 0
    6 Denda 0 0 0 0
    7 Informasi Tagihan 1 1 0 0
    8 Permintaan Kode OTP 0 0 0 0
    9 Kendala Pencairan 1 1 0 0
    10 Discount / Pemutihan 0 0 0 0
    TOTAL 13 13 0 0